Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wewangian Alami Khas Natal

Kompas.com - 23/12/2012, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Menyambut Natal yang tinggal dua hari lagi, Anda mungkin semakin sibuk dengan berbagai kegiatan mendekor rumah. Namun, harus diingat, agar jangan hanya memanjakan mata Anda dengan berbagai dekorasi lantaran merasa rumah yang sudah tampil cantik belum terasa cukup memuaskan hati. Manjakan juga indera penciuman Anda!

Ada baiknya, Anda menghindari penggunaan pewangi ruangan yang menggunakan bahan-bahan kimia. Untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga, cobalah membuat sendiri wewangian ruangan dengan bahan-bahan alami.

Sebenarnya, menggunakan wewangian dari bahan alami adalah awal yang baik untuk menjaga kesehatan keluarga Anda. Pasalnya, membakar lilin aromaterapi atau menyemprotkan wewangian aerosol dapat menurunkan kualitas udara di dalam rumah Anda. Berikut ini beberapa wewangian "khas Natal" yang dapat Anda buat sendiri di rumah:

Simmer pot

Untuk membuat wewangian alami berjenis simmer pot, Anda membutuhkan 2-4 sendok makan cengkeh, 2-4 kayu manis, 4 daun bay, setengah jeruk dan setengah lemon yang dipotong-potong.

Selanjutnya, campurkan potongan jeruk, lemon, cengkeh, kayu manis, dan daun bay. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam panci dan tambahkan empat gelas air. Lalu, nyalakan kompor untuk membuat keharuman "khas Natal" dari campuran yang menyebar ini. Jika ingin terus-menerus menyalakan kompor, jangan lupa untuk selalu menambahkan air agar tidak asad.

Simpan campuran ini ke dalam wadah dan masukkan dalam lemari es untuk menjegah jamur, terutama saat Anda sudah tak ingin lagi menggunakannya. Campuran ini dapat Anda hangatkan lagi untuk membuat ruangan Anda wangi.

Jeruk utuh dan cengkeh

Selain simmer pot, Anda juga dapat membuat wewangian dari jeruk utuh dan cengkeh. Caranya, tusuk-tusuk cengkeh pada jeruk. Agar tampak cantik, Anda dapat membuat pola garis lurus pada jeruk dengan cengkeh tersebut. Biarkan wewangian jeruk dan cengkeh ini menyebar ke seluruh ruangan Anda, terutama di ruang tamu dan dapur.

(Sumber: http://cleverpinkpirate.com) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com