Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingatlah Kastuba, "Tanaman Natal'" Penyemarak Taman Anda!

Kompas.com - 23/12/2012, 11:15 WIB

KOMPAS.com - Kastuba atau poinsettia (Euphorbia pulcherrima) merupakan salah satu tanaman yang identik dengan perayaan Natal. Warna merahnya yang menyala cocok dengan kemeriahan Natal.

Selain poinsettia, Kastuba memiliki beberapa nama lain, seperti Bunga Denok, Godong Racun, Pohon Merah, dan banyak lagi sebutan lainnya. Meski salah satu sebutan tanaman ini adalah Godong Racun, pihak holtikulturis Ward Upham dari Texas, Amerika Serikat, sudah menyatakan, bahwa tanaman ini tidak beracun. Bahkan, The American Veterinary Medicine Association of America (AVMA) juga tidak menyertakan tanaman ini dalam daftar tanaman berbahaya bagi hewan.

Menurut beberapa sumber, Kastuba tergolong tanaman yang "bandel" karena mampu beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya. Ia mampu hidup di dataran rendah hingga dataran tinggi sampai 1.400 meter di atas permukaan laut (dpl).

Sebenarnya, Kastuba paling cocok ditanam pada ketinggial 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Walaupun mampu ditanam di dalam maupun di luar ruangan, sebaiknya Kastuba ditanam dengan menggunakan pot-pot kecil. Sebagai catatan penting, Kastuba memerlukan tanah kebun dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Simak tips menanamnya:

- Pilihlah area yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

- Pilihkan pot yang terbuat dari semen cor atau keramik agar tidak lembab. Namun, jika ingin meletakkan Kastuba di dalam ruangan, ada baiknya Anda memberikan campuran pasir halus dalam campuran media tanamnya. Beri kerikil pada dasar pot agar sisa air siraman dapat mengalir. keluar.

- Untuk Kastuba masih berumur muda, Anda perlu memberinya pupuk dengan unsur nitrogen tinggi. Setelah berbunga, beri pupuk dengan kandungan unsur fosfor tinggi.

- Pastikan Anda menyempatkan waktu untuk memberikan perawatan yang tepat bagi Kastuba. Tanaman ini butuh pemupukan, penyiraman, penggantian media, dan sinar matahari secara berkala. Keluarkan pot setiap tiga hari sekali agar daun Kastuba tidak pucat.

- Selain memiliki warna yang menarik, Kastuba ternyata berguna bagi kesehatan.Tanaman ini mengandung saponin, sulfur, lemak, amylodextrin. Umumnya, Kastuba dimanfaatkan untuk mengobati infeksi kulit. Anda hanya perlu melumatkan daun Kastuba, lalu mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi. Bahkan, ada yang percaya, rebusan 5-10 kuntum bunga Kastuba dalam 200 gr air dapat melancarkan air susu ibu dan haid yang kurang teratur.

Nah, mulai sekarang, cobalah menggunakan tanaman ini untuk membuat taman Anda lebih meriah dengan warna merah menyalanya. Jangan lupa, nikmati khasiatnya! Selamat berkebun dan memeriahkan Natal Anda dengan Kastuba!

(Sumber: http://www.sheknows.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com