Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2012, 15:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Jamsostek (Persero) menandatangi perjanjian kerjasama untuk Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMPKB) untuk para peserta Jamsostek. Kerjasama ditujukan untuk mewujudkan sinergi antara kedua lembaga dalam penyediaan uang muka perumahan.

"Kerjasama ini untuk kepentingan masyarakat, dimana para peserta bisa membeli rumah. Jamsostek nantinya akan memberikan uang muka, sedangkan kami memberikan pembiayaan rumahnya," kata Direktur Utama BRI Sofyan Basir usai menandatangani perjanjian di Jakarta, Kamis (20/12/2012) petang.

Menurut Sofyan, fasilitas itu diprioritaskan kepada BRI karena bank milik pemerintah itu dinilai punya pasar yang luas untuk menjaring seluruh pelosok Indonesia. Sementara pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Jamsostek, Elvyn G Masassya, mengungkapkan kerjasama dengan perbankan BUMN itu berpotensi besar karena BRI memiliki jangkauan luas, sama halnya dengan Jamsostek dengan jumlah pesertanya di mana-mana.

"Ke depan kami akan menjangkau seluruh Indonesia. Karena itu akan dilakukan secara intensif di masa depan," ujarnya.

Di sisi lain, kerjasama itu juga diharapkan bisa meningkatkan dana pihak ketiga bank. Karena, sinergi ini juga bermanfaat untuk pelayanan cash management dalam menghimpun iuran dari peserta.

"Juga dalam rangka pembayaran klaim," tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Elvyn, akses pekerja untuk mendapatkan layanan Jamsostek melalui bank akan lebih mudah dan cepat.

Baca juga: Akhirnya... Pohon Natal ini Mengundang Kontroversi!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com