Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Siapkan Cetak Biru Perumahan

Kompas.com - 06/12/2012, 22:07 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang yang tergabung dalam Real Estat Indonesia siap meluncurkan cetak biru perumahan nasional. Cetak biru itu diharapkan mampu mendorong sektor properti tumbuh lebih cepat, serta mendorong penyediaan rumah rakyat.

Cetak biru perumahan nasional itu dipaparkan dalam Rapat Kerja Nasional REI 2012, di Jakarta, tanggal 4-6 Desember 2012. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Real Setyo Maharso, mengemukakan, perkembangan positif sektor properti meripakan momentum untuk pengembang REI dalam penyediaan kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Penyusunan cetak biru perumahan nasional disusun para pemangku kepentingan yang mengurai regulasi, berbagai tantangan dan hambatan untuk mencapai iklim properti yang kondusif, serta keseimbangan dan keberpihakan pada masyarakat berpenghasilan rendah.

"Cetak biru properti merupakan salah satu lokomotif pembangunan ekonomi nasional. Sektor properti memiliki kaitan erat dengan 175 jenis industri lain penunjang properti," ujarnya.

Beberapa usulan dalam cetak biru itu antara lain pembentukan lembaga khusus pembiayaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap, dan tabungan wajib perumahan untuk menjamin semua masyarakat memiliki rumah layak dan terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com