Jumat, 31 Oktober 2014
PENGHARGAAN
Inilah... 10 Gedung Pencakar Langit Terbaik di Dunia!
Penulis : Tabita Diela | Kamis, 6 Desember 2012 | 17:50 WIB
|
Share:
architectural-review.com
Eight Spruce Street di Manhattan berhasil mendapatkan Emporis Skyscraper Award. Gedung setinggi 76 lantai atau setara dengan 265 meter tersebut didesain oleh Frank Gehry.

KOMPAS.com - Setelah melewati seleksi penjurian ketat, akhirnya Emporis mengumumkan 10 gedung pencakar langit terbaik di dunia, Selasa (4/12/2012) kemarin. Penetapan ini seiring dengan berakhirnya tahun 2012 untuk memperkenalkan ke publik gedung-gedung pencakar langit terbaik di dunia.

Berdasarkan pengumuman tersebut, Eight Spruce Street di Manhattan berhasil mendapatkan Emporis Skyscraper Award. Gedung setinggi 76 lantai atau setara dengan 265 meter tersebut didesain oleh Frank Gehry.

Gedung tersebut merupakan gedung residensial tertinggi ke-12 di dunia. Hal unik dari bangunan ini adalah bagian "pembungkus" gedung. Menggunakan 10.500 panel stainless steel dengan bentuk berbeda-beda, gedung ini mampu memberikan fasad unik yang membuat tampilan berbeda dari sudut pandang berbeda-beda. Artinya, jika Anda berpindah posisi, Anda akan melihat tampilan yang berbeda dari gedung tersebut.

Menurut para juri, bangunan ini tergolong menonjol, bahkan di antara gedung-gedung pencakar langit yang luarbiasa di Manhattan. Dengan teknologi unik tersebut, Spruce Street mengalahkan 220 gedung lainnya dalam ajang penghargaan yang disebut-sebut setara "Oscar" untuk bidang arsitektur ini.

Al Hamra Tower di Kuwait dengan tinggi 412 meter berada di posisi kedua. Bangunan ini juga mendapat banyak pujian lantaran mampu bertahan dalam kondisi iklim yang begitu panas.

Para juri juga terpukau dengan arsitektur gedung ini, beserta titik pandang yang fungsionalnya. Dengan lift yang beroperasi secepat pelari olimpiade, para juri juga memuji Al Hamra berkat bentuk gedung beserta sudut jendelanya di dinding selatan. Jendela-jendela tersebut mampu memberikan pemandangan menyeluruh atas seluruh kota dan semenanjung sampai ke gurun.

Tempat ketiga diraih oleh Etihad Towers di Abu Dhabi. Etihad Towers merupakan kompleks yang terdiri dari tiga tower residensial, satu tower kantor, dan satu tower hotel. Selain itu, gedung KK100 di Shenzhen, China, juga mendapat mendapatkan posisi top spot sebagai gedung tertinggi yang pernah direalisasikan oleh sebuah firma asal Inggris.

KK100 setinggi 441 meter yang didesain Terry Farrell & Partners. Gedung tersebut memiliki bentuk melengkung yang memang disengaja untuk menggambarkan mata air dan air mancur.

Gedung-gedung tersebut melambangkan kekayaan dan kemakmuran yang dimiliki oleh area sekitar gedung. Gedung pencakar dari China ini mendapatkan tempat keempat bersama dengan Victoria Tower di Stockholm, dan Great American Tower di Cincinnati. Desain dari Great American Tower setinggi 202 meter terinspirasi oleh mahkota milik Putri Diana.

Adapun pihak yang memberikan penghargaan Emporis Skyscraper Award merupakan pusat data dari Jerman. Pusat data tersebut berisi informasi gedung-gedung dan proyek konstruksi di dunia.

Emporis telah membuat kompetisi ini sejak 2000. Tahun lalu, Hotel Porta Fira di Barcelona, Spanyol, memenangkan kompetisi bergengsi ini.

Berikut gedung-gedung pencakar langit penerima penghargaan tersebut:

  • 8 Spruce Street, New York City, 265.1 meter, 76 lantai
  • Al Hamra Tower, Kuwait City, 412 meter, 80 lantai
  • Etihad Towers, Abu Dhabi, 217.5 - 305.3 meter, 56 -79 lantai
  • KK100, Shenzhen, 441.8 lantai, 100 lantai
  • Victoria Tower, Stockholm 117.6 meter, 34 lantai
  • Great American Tower, Cincinnati, 202.69 meter, 41 lantai
  • F&F Tower, Panama City, 242.9 meter, 52 lantai
  • Northeast Asia Trade Tower, Incheon, 308 meter, 68 lantai
  • Reflections at Keppel Bay, Singapore, 120 - 178 meter, 21-41 lantai
  • Tianjin Global Financial Centre, Tianjin, 336.9 meter, 72 lantai

Baca juga:

Edan... China Bangun Gedung Tertinggi di Dunia dalam 90 Hari!

Sumber :
www.dailymail.co.uk

Editor :
Latief