Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Sosialisasi Relokasi PKL Kota Tua

Kompas.com - 02/12/2012, 18:53 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Relokasi pedagang kaki lima (PKL) di sekitar kawasan Kota Tua, Jakarta Barat akan mulai dilaksanakan besok, Senin (3/12/2012). Untuk tahap pertama, para pedagang hanya akan diberikan sosialisasi pemindahan tanpa ada tindakan represif.

"Besok baru akan dilakukan sosialisasi dengan memberikan peringatan pertama kepada para PKL," kata Imron, Camat Tambora, kepada Kompas.com, Minggu (2/12/2012).

Imron melanjutkan, seperti penertiban PKL lainnya, pihak kecamatan akan memberikan surat peringatan pertama sampai ketiga. Setelah melalui tahap-tahap pemberitahuan, pihak kecamatan baru akan memberikan tindakan tegas pada PKL yang tidak mau dipindahkan. Menurutnya, jika PKL tidak mau dipindahkan ke tujuh lokasi yang sudah dipersiapkan, pihak kecamatan akan melakukan tindakan paksa.

Relokasi PKL ini bertujuan untuk membangun kota tua sebagai tempat wisata kelas menengah ke atas. Selain itu, kata Imron, pemindahan PKL ke lokasi lain sesuai dengan perda DKI Jakarta. Perda tersebut menyebutkan bahwa kawasan kota tua bukan sebagai lahan pedagang kaki lima, sehingga pemerintah berhak memindahkan lokasi berjualan PKL.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI berencana menata ulang pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Kota Tua. Penataan kembali PKL ini dilakukan agar Kota Tua tidak terlihat kumuh dan menarik turis asing untuk melancong ke kawasan bangunan bersejarah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com