Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Siap Rampungkan Sahid Kuta Lifestyle Resort

Kompas.com - 28/11/2012, 23:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan komplek mal dan hotel bintang lima, Sahid Kuta Lifestyle Resort menambah daftar proyek yang tengah digarap PT Waskita Karya. Rencananya, proyek tersebut berada di kawasan pariwisata, yaitu Jalan Pantai Kuta, Badung, Bali.

Pengerjaan Sahid Kuta Lifestyle Resort ini sendiri diadakan oleh PT Indonesian Paradise Island yang kemudian menunjuk Waskita Karya sebagai kontraktor untuk pekerjaan struktur dan arsitekturnya. Proyek ini diluncurkan sejak 30 Juli 2010 dengan nilai proyek mencapai Rp 261.218.000.000.

"Kami anggap ini tantangan karena membangun salah satu ikon baru di Kuta yang dapat menambah fasilitas lengkap bagi kebutuhan turisme di Bali, khususnya daerah Kuta dan sekitarnya," kata Direktur PT Waskita Utama, M. Choliq, di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) Provinsi Bali pada Juni 2012, jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali selama periode Januari-April 2012 lalu mencapai 935.724 orang. Angka tersebut meningkat 10.23% dibandingkan Januari-April 2011 yang mencapai 848.899 orang. Untuk mendukung peningkatan itu, kata Choliq, resor ini akan terdiri dari beberapa komponen besar, yaitu hotel bintang lima, The Sheraton Bali Kuta Resort, dan beachwalk, mal, fasilitas hiburan lainnya.

Choliq menuturkan, pembangunan Sahid Kuta Lifestyle Resort rencananya akan rampung tahun ini. Ia mengakui, pembangunan proyek ini sempat menuai keresahan masyarakat Bali.

"Bangunan di daerah pantai Kuta sudah cukup padat akan semakin padat dengan adanya Sahid Kuta Lifestyle Resort ini. Namun, kami meyakini hal ini tidak akan terjadi karena mereka telah menyiapkan hingga tiga akses masuk ke resor inim," ujar Choliq. 

"Kami memahami kekhawatiran masyarakat sekitar terkait kemacetan yang akan ditimbulkan dari berdirinya resor ini. Tapi, kami telah menyiapkan solusi untuk itu, termasuk menyiapkan pedestrian yang menghadap pantai, dari gang Poppies dan juga area drop off kendaraan," tambahnya ditanya soal kemungkinan kemacetan.

Lebih lanjut, pihaknya juga tengah menyiapkan dua level basement yang dapat menampung 1000 mobil dan motor. Upaya ini dilakukan juga untuk mengurangi kemacetan di sekitar Pantai Kuta. Ia berharap, kedepannya ini bisa akan menjadi fasilitas parkir terbesar di Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com