Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIABCI Gelar BNI Prix d'Excellence Awards 2012

Kompas.com - 26/11/2012, 13:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - The International Real Estate Federation (FIABCI) Indonesia kembali menggelar Fiabci Indonesia-BNI Prix d'Excellence Awards 2012, yaitu penghargaan untuk sejumlah proyek properti dengan menitikberatkan pada konsep bangunan dan lingkungan yang mampu memberikan solusi kebutuhan properti bagi masyarakat. Pemenang penghargaan ini akan direkomendasikan mengikuti ajang serupa di tingkat internasional.

Presiden Fiabci Indonesia Setyo Maharso mengatakan, penyelenggaraan kembali Fiabci Indonesia-BNI Prix d'Excellence Awards tahun ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi pengembang guna menciptakan properti berkualitas sesuai standar nasional maupun internasional. Hal ini juga sangat penting bagi untuk mengangkat karya-karya realestat Indonesia ke level lebih tinggi. 

"Ini kompetisi yang positif, terutama bagi anggota REI (Realestate Indonesia) untuk memamerkan produk mereka ke luar. Di negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura, penghargaan ini jadi semacam iklan besar bagi pengembang atau arsitek memperkenalkan produknya di kancah internasional. Sementara di Indonesia, hal ini belum terbiasa untuk menjadikan penghargaan sebagai sarana promosi," ujarnya.

Indrastomo Nugoro, Vice President Consumer and Retail BNI mengatakan, keikutsertaan BNI pada kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung promosi produk-produk properti Indonesia ke luar negeri. Perhelatan penghargaan ini adalah untuk ketiga kalinya bagi BNI memberikan dukungannya.

"Memang bukan insentif kami berikan untuk pemenang yang akan mewakili Indonesia ke tingkat dunia, tapi semua biaya kami tanggung," ujar Indrastomo.

Tahun ini pemenang Fiabci Indonesia-BNI Prix d'Excellence Awards 2012 akan mewakili Indonesia pada Fiabci World Congress di Taiwan, Mei 2013 mendatang. Saat ini, keanggotaan Fiabci di dunia terdiri dari 60 negara.

Meiko Handoyo, Ketua Penyelenggara Fiabci Indonesia-BNI Prix d'Excellence Awards 2012 mengungkapkan, tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta, meskipun masih terbilang sedikit. Jika pada penyelenggaraan sebelumnya hanya mencapai 40 peserta, tahun ini terdiri dari 64 peserta lolos seleksi tahap pertama panel of judges untuk 14 kategori standar internasional yang dikompetisikan.

Adapun 14 kategori dan nominasi untuk Fiabci Indonesia-BNI Prix d'Excellence Awards 2012 tersebut meliputi:

1. Heritage: Bangunan bersejarah atau bangunan konservasi yang telah diidentifikasi sebagai peninggalan sejarah.

2. Sustainable development: Pembangunan berkelanjutan, bangunan ramah lingkungan atau green building, atau proyek-proyek hemat energi.

3. Hotel: Proyek perhotelan, baik hotel bisnis maupun hotel wisata, termasuk servis apartemen yang berfungsi sebagai hotel atau kondotel.

4. Industrial: Proyek kawasan perindustrian berupa gedung industri, kawasan industri, kawasan teknologi, pergudangan, pabrik, workshop dan lain-lain.

5. Masterplan: Perencanaan induk untuk rencana konsep pengembangan sebuah proyek properti yang telah disetujui oleh otoritas, misalnya pengembangan township dan kawasan perumahan.

6. Office: Perkantoran untuk gedung perkantoran dan kawasan perkantoran.

7. Residential (high rise): Proyek vertikal untuk apartemen dan kondominium dengan ketinggian enam lantai ke atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com