Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik dan Cantik dengan Tangga Spiral

Kompas.com - 23/11/2012, 12:44 WIB

KOMPAS.com - Penggunaan tangga spiral di dalam rumah dapat menghemat banyak ruang. Selain terbuat dari besi, tangga spiral juga dapat dibuat dari berbagai macam material untuk beragam aksen.

Anda bahkan dapat menggabungkan dua jenis material untuk mendapatkan aksen unik di rumah melalui tangga ini. Selain material pembuatnya, tangga spiral juga memberikan kesempatan bagi para desainer atau arsitek untuk "mengolahnya" menjadi berbagai bentuk untuk mempercantik rumah. Berikut ini beberapa jenis material dan penggunaannya yang dapat menginspirasi Anda:

Tangga spiral kayu

Tangga spiral yang terbuat dari kayu mampu menampilkan kesan lembut dan kuat. Tangga semacam ini tampak solid dan penuh karakter.

Apapun jenis rumah Anda, tangga berbahan kayu memang mampu membaur dengan baik di dalamnya. Dengan kayu solid, Anda dapat membuat tangga tampak seperti lekukan pita.

Tangga spiral besi

Dengan menggunakan tangga spiral berbahan besi, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat suasana "pabrik" atau membawa dekorasi "industrial" ke dalam rumah Anda. Bentuknya yang ramping dan terkesan praktis dapat tampil serasi dengan berbagai gaya dekorasi, termasuk modern minimalis.

Tangga spiral besi yang ramping tersebut juga membuatnya dapat "bersembunyi" dari pandangan mata Anda. Caranya, catlah tangga spiral Anda dengan warna yang sama dengan warna dinding.

Tangga spiral berbahan campuran

Tangga spiral tidak harus terbuat dari satu material saja. Tangga spiral juga dapat dibuat dari dua atau lebih material berbeda. Beberapa contoh tangga berbahan campuran terbuat dari perpaduan apik besi, beton, kayu, dan bahkan kaca.

Kaca tentu tidak digunakan sebagai pijakan. Kaca lebih umum digunakan sebagai pegangan tangga. Dengan "pegangan" semacam ini, ruangan akan terasa lebih luas.

Kombinasi antara besi dan kayu juga tidak kalah menarik. Kombinasi ini seakan menjadi perpaduan sempurna antara kekuatan dan kelembutan.

Bukan hanya dalam ruangan, tangga spiral juga digunakan di semua bagian rumah Anda. Bahkan, penggunaannya tidak terkecuali di bagian luar rumah. Karena memang, untuk penggunaan di luar ruangan, Anda dianjurkan untuk menggunakan tangga spiral yang terbuat dari besi lantaran kuat menghadapi berbagai cuaca.

Baca juga:

Uppsss... Ini Bantal Khusus Lajang Kesepian, Laki dan Perempuan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com