Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kerja Sama, Bukan Kongkalikong!

Kompas.com - 23/11/2012, 10:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bersama pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI), Pemerintah Provinsi DKI akan menjalin kerja sama membangun apartemen sederhana serta meminta pihak pengembang untuk membangun taman. DKI harus bebas dari kampung kumuh pada 2020 mendatang.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama kepada wartawan di Balaikota, Kamis (22/11/2012) malam. Basuki bilang, Pemprov DKI bercita-cita mewujudkan Jakarta yang bebas dari kampung kumuh pada 2020 nanti.

"Kita ingin tahun 2020 Jakarta bebas kampung kumuh," kata Basuki.

Basuki mengatakan, Pemprov DKI akan meminta kerja sama dengan REI untuk merealisasikan program tersebut.

"Anda (REI) harus kerja sama dengan DKI. Kalau kerja sama dengan kita pun jadi tahu, mana lahan yang bisa dan tidak bisa Anda beli. Kalau tidak bisa beli, ya kami yang beli," ujarnya.

Basuki menegaskan, Pemprov DKI nantinya akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk mengadakan fasilitas perumahan untuk mengubah wajah Jakarta.

"Kawasan kumuh di Jakarta akan diubah. Sekitar 40 persen akan diubah menjadi ruang terbuka hijau. Sisanya, 60 persen, akan dibangun apartemen sederhana terpadu. Ini konsep pembangunan yang akan disiapkan," tegasnya. 

"Semua orang harus kerja sama dong, tapi kerja samanya dalam bentuk apa dulu? Kalau kongkalikong ambil fasos dan fasum, ya enggak boleh," tambahnya.

Baca juga:

Nih, Syarat Sukses Jokowi Tuntaskan Permukiman Kumuh!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com