Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mengawinkan" Gaya Arsitektur Lokal dan Modern di India Selatan

Kompas.com - 12/11/2012, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Negeri yang seringkali digambarkan sebagai tempat "eksotis" oleh Barat ini pada kenyataannya memang menyimpan berbagai "harta karun" dalam dunia desain dan arsitektur. Salah satu buktinya adalah rumah di India Selatan.

Beverly Kezner adalah salah satu "orang Barat" yang terpukau dengan eksotisme India. Kezner akhirnya memutuskan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di India dan membuat sebuah rumah berlibur di Barat Daya daerah pegunungan Ghats.

Rumah tersebut berada di antara daerah Kerala dan Tamil Nadu. Rumah itu juga berada di daerah gunung Anamalai.

Rumah cantik di atas permukaan hijau seluas 100 meter persegi ini didesain oleh Mancini Architects. Rumah berlibur ini banyak meminjam unsur arsitektur lokal dan desain tradisional dari wilayah yang ditempatinya.

Bukan hanya itu, rumah ini juga memberikan sentuhan modern dan ergonomis. Sama seperti rumah-rumah yang dibangun Belanda di Indonesia, rumah ini juga memanfaatkan kondisi alam di sekitarnya. Dengan kesadaran akan keadaan lingkungan sekeliling ini, rumah menjadi terasa dingin tanpa membutuhkan pendingin buatan.

India memiliki iklim yang hampir sama dengan Indonesia. Maka, bisa dikatakan, sebenarnya konsep rumah ini dapat menjadi inspirasi tersendiri untuk kita yang hidup di Nusantara.

(Sumber: http://www.decoist.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com