Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Properti Sewa di Asia Pasifik Meningkat

Kompas.com - 09/11/2012, 13:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil riset Cushman & Wakefield memaparkan, bahwa secara garis besar kondisi kuartal ketiga tahun ini ditandai dengan volume properti sewa yang stabil dengan ketersediaan unit properti cukup rendah di beberapa wilayah. Namun, perkembangan properti sewa itu tetap berada dalam keadaan moderat di seantero area Asia Pasifik.

Saat ini, kota-kota besar di China tetap menunjukkan momentum positif karena perusahaan domestik maupun internasional tetap aktif di kuartal ketiga tesebut. Namun, kecepatannya mulai menurun sejak 2011 lalu.

Bukan hanya China, tanda-tanda perbaikan bertingkat di aktifitas penyewaan juga tercatat di Singapura. Namun, hal tersebut sebatas indikasi lantaran tidak adanya penandatanganan kontrak baru.

Hal serupa juga terjadi di Hong Kong. Penyewaan skala kecil menjadi populer di negara tersebut lantaran ditunjang oleh jumlah penduduk Hong Kong yang kini bergerombol di distrik pinggiran untuk menghindari tingginya harga sewa di Greater Central.

Industri alih daya picu pasar perkantoran

Industri alih daya atau tenaga outsourcing menjadi titik terang di Asia Pasifik. Akibat industri tersebut, properti sewa di kota-kota di India mulai kembali bergairah di kuartal ketiga tahun ini. Hal tersebut dipicu oleh kemajuan teknologi informasi komunikasi dan ITES, perusahaan jasa berbasis teknologi informasi.

Namun, kecepatannya masih tergolong lambat dibanding 2011. Sama seperti India, Manila juga terus menjadi saksi besarnya ekspansi di sektor BPO atau proses bisnis alih daya.

Sebelumnya, Cushman & Wakefield telah mempublikasikan hasil riset atas pasar properti di Jakarta. Dalam riset tersebut, terdapat juga gambaran kondisi pasar pusat perkantoran, namun khusus untuk wilayah Jakarta. Kali ini, Cuhman & Wakefield mempublikasikan hasil risetnya mengenai kondisi pasar perkantoran di Asia Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com