Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ssstt... Ini Bocoran Tren Warna 2013!

Kompas.com - 09/11/2012, 12:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2012 sudah hampir berakhir. Di saat-saat seperti ini, munculnya berbagai spekulasi mengenai tren di tahun yang akan datang merupakan hal biasa.

Salah satu pihak yang ikut terjun dalam hiruk-pikuk spekulasi tren tersebut adalah Dulux. AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis yang menghasilkan merk Dulux, Kamis (8/11/2012) petang kemarin, meluncurkan tren warna ColorFutures 2013. Tema utama dari tren warna 2013 adalah "Connections", sedangkan warna ikon untuk tahun depan adalah warna "indigo" atau ungu kebiruan.

Warna ini disebut dengan "Inspired Violet" oleh Dulux. Berangkat dari tema besar "Connection", ada lima tema yang mendukung tema utama Colour Futures 2013. Masing-masing tema tersebut memiliki palet warnanya sendiri. Lima tema tersebut adalah "Collective Passion", "Switching Off", "The Art of Understanding", "Home Factory", dan "Visual Solace".

Tema-tema tersebut bercerita tentang keterkaitan atas segala hal dalam kehidupan keseharian manusia. Berdasarkan riset ColourFuture, 2013 telah diproyeksikan sebagai tahun di mana tren komunitas tidak lagi mengenal batas benua. Bukan sekedar lintas negara, namun juga lintas budaya, dan gaya hidup.

Ketiadaan batas tersebut menawarkan berbagai kemungkinan tak terbatas. Kemungkinan tak terbatas inilah yang kemudian membentuk keterkaitan.

"Inspirasi warna ini didapatkan dari kehidupan sehari-hari," kata GM Marketing PT ICI Paints Indonesia Mediko Azwar di Galeri Vastu Home, Pakubuwono, Jakarta.

ColourFutures sendiri merupakan riset tren warna dari AkzoNobel. Riset ini berlangsung setiap tahun dan bertujuan untuk memberikan prediksi tren internasional pada gaya dan desain interior serta eksterior. Tren ini kemudian diterjemahkan ke dalam palet warna.

Sebelumnya, ColourFutures sudah mengeluarkan tema-tema segar setiap tahun. Tahun 2010 tema yang dipilih ColourFutures adalah tentang "Reclaiming". Selanjutnya, pada 2011 "Appreciation". Terakhir, pada 2012 ini ColourFutures memberikan tema "Possibilities". "Tema-tema ini terus berkembang setiap tahunnya dan saling terkait," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com