Sabtu, 25 Oktober 2014
Jakarta, Bersiaplah Menghadapi Musim Hujan
Penulis : Kurnia Sari Aziza | Selasa, 30 Oktober 2012 | 20:02 WIB
|
Share:
google.com
ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com — Puncak curah hujan di DKI Jakarta diperkirakan akan terjadi pada Januari tahun depan. Hingga November mendatang, cuaca DKI Jakarta masih dalam keadaan masa transisi.

"Saat ini masih dalam masa transisi. Sementara untuk puncak hujan diperkirakan terjadi pada Januari mendatang. Masyarakat diimbau tetap waspada saat masa transisi ini, sebab diperkirakan akan terjadi angin puting beliung," kata Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tuwamin Mulyono di Balaikota DKI, Selasa (30/10/2012).

Sementara itu, saat puncak musim hujan, setiap hari akan terjadi hujan lebat dan merata.

"Sampai November mendatang curah hujan di Jakarta masih akan terus meningkat. Saat puncak musim hujan mendatang, curah hujan mencapai 300-500 milimeter per bulan," katanya.

Namun, sebelum memasuki puncak hujan perlu diwaspadai adanya hujan lebat yang terjadi secara sporadis. Namun, tidak terjadi setiap hari.

"Saat ini bisa terjadi hujan lebat secara sporadis," ujarnya.

Selanjutnya, Tuwamin memperkirakan, mulai Februari dan Maret curah hujan akan kembali turun. Dengan adanya perkiraan tersebut, BMKG mengimbau Pemprov DKI Jakarta untuk siap siaga menghadapi banjir yang akan melanda Jakarta.

"Pemprov DKI Jakarta harus siap untuk menghadapi musim hujan ini," kata Tuwamin.

 


Editor :
Ana Shofiana Syatiri