Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Expo, BNI Targetkan Pembiayaan KPR Rp 3,5 Triliun

Kompas.com - 21/10/2012, 12:00 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menargetkan pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) Rp 3,5 triliun. Target tersebut akan diperoleh dalam acara BNI Real Estate Indonesia Expo yang digelar 20-28 Oktober 2012. Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo menjelaskan, agar transaksi yang terjadi selama pameran properti itu didominasi oleh pembelian rumah pertama.

"Kalau transaksinya mencapai Rp 3,5 triliun, tahun depan ayo kita gelar lagi pameran real estat yang lebih besar. Namun, bila transaksi yang terjadi di bawah Rp 3,5 triliun, maka harus ada evaluasi, mengapa hal itu terjadi," ungkap Gatot, pada saat acara Pembukaan BNI REI Expo 2012 di Jakarta, Sabtu malam (20/10/2012).

BNI REI Expo 2012 merupakan pameran real estat yang digelar serentak di 20 kota di Indonesia mulai 20-28 Oktober 2012. Karena baru dilakukan pertama kali dalam sejarah, maka Musium Rekor Indonesia (MURI) mengkategorikan BNI-REI Expo 2012 sebagai perhelatan yang luar biasa dan layak mendapatkan piagam MURI. Piagam MURI tersebut diserahkan oleh Deputi Manajer MUTI Damian Awan Rahargo kepada BNI dan REI pada acara pembukaan BNI REI Expo 2012 tersebut. Acara ini dibuka oleh Menteri Koordinator Perekonomiaan Hatta Rajasa.

Menurut Gatot, BNI menekankan pada para pembeli produk properti pertama karena kelompok konsumen ini cenderung rendah risiko kreditnya. Pembeli properti ini juga menjadi prioritas karena kelompok masyarakat tersebut sangat membutuhkan tempat tinggal.

"Di Indonesia ada 240 juta penduduk. Banyak di antara mereka belum memiliki tempat tinggal, sehingga sektor properti masih akan terus berkembang. Kami fokus para pembeli rumah pertama karena risikonya jauh lebih kecil dibandingkan pembeli rumah yang bertujuan untuk investasi. Ini yang mendorong BNI bersedia menjadi pendukung tunggal pameran realestat REI selama 9 hari ke depan," ungkapnya.

BNI tidak hanya berkomitmen memberikan dukungan berupa program kredit pemilikan rumah (KPR) dengan bunga rendah dan persetujuan cepat, melainkan juga dukungan pada pembangunan konstruksi. Khusus dukungan pada pengembangan konstruksi ini, BNI mensyaratkan ada rekomendasi REI atas anggotanya yang membutuhkan fasilitas kredit konstruksi tersebut.

"Kami juga memberikan perlakukan khusus, bagi pengembang yang mengantongi rekomendasi REI akan mendapatkan persetujuan instan, tidak sampai satu hari karena menggunakan fasilitas elektronik kami," tambahnya.

BNI mencatatkan realisasi pertumbuhan kredit di sektor properti yang diusung melalui Program BNI Griya mencapai 27,61 persen. Nilai BNI Griya yang terdistribusi selama periode Januari-September 2012 mencapai Rp 23,071 triliun, atau meningkat dibandingkan realisasi periode yang sama tahun 2011 sebesar Rp 16,201 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com