Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resor Mewah "Jumeirah Bali" Ditangani Arsitek Internasional

Kompas.com - 17/10/2012, 11:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asia Pasifik Properti (APP) telah menunjuk tim arsitek dan desainer internasional untuk menyiapkan konsep resor mewah Jumeirah Bali. Resor yang dibangun dengan investasi senilai 150 juta dollar AS ini diharapkan dapat beroperasi pada 2015 mendatang.

Tim arsitek dan desainer yang ditunjuk tersebut terdiri dari Martin Grounds, Direktur Grounds Kent Architects, Jean-Michel Gathy, principal desainer Denniston dan Made Wijaya, seorang arsitek lanskap yang berbasis di Bali. Ketiga arsitek ini telah ditunjuk untuk mendesain resor prestisius yang letaknya berhadapan langsung dengan pantai di ujung selatan Jimbaran, Bali.

"Inti tentu kesempatan luar biasa bekerja sama dengan tim arsitek yang punya visi luar biasa. Terus terang, mimpi kami adalah Jumeirah Bali menjadi salah satu resor mewah terbaik di dunia," kata Sukowati Sosrodjojo, CEO Rekso Group, kepada Kompas.com, Rabu (17/10/2012).

Di awal 2012, Asia Pasifik Properti telah menandatangani kerja sama dengan Jumeirah Group, sebuah perusahaan hotel bagian dari Dubai Holding Group, untuk mengoperasikan resor tersebut. Sebelumnya, Jumeirah Group telah mengelola tiga hotel mewah di wilayah Asia, yaitu sebuah hotel di Shanghai dan dua lainnya di Maldives.

"Indonesia sendiri akan bergabung dengan China, Maldives dan Thailand sebagai negara Asia keempat yang hotel dan resornya akan dikelola oleh Jumeirah Group," kata Sukowati yang bertindak selaku Komisaris PT Asia Pasifik Properti.

Desain Jumeirah Bali akan terdiri dari beberapa vila. Konsep ini terinspirasi Istana Air Hindu Bali abad kesembilan yang sangat legendaris.

Terletak di atas lahan seluas 11 hektare di tengah taman tropis, nantinya resor ini akan memiliki 80 vila istana air dan 26 private villa yang luas.

"Merujuk pada konsep istana air itu, semua vila akan memiliki kolam renang pribadi dengan pemandangan matahari terbenam," ucap Sukowati.

Desainer Jean-Michel Gathy menambahkan, resor mewah ini akan berada di samping lapangan golf 18 hole bertaraf internasional dan salah satu pantai terkenal di Bali, Dreamland. Semua keistimewaan ini diharapkan semakin menjadi daya tarik Jumeirah Hotel dan Resor.

"Jumeirah Bali akan menjadikan nilai-nilai tradisi Bali sebagai referensinya dengan tetap menyajikan kenyamanan dan pelayanan modern," ungkap Gathy, yang telah menerima banyak penghargaan internasional. 

Ia sepakat, bahwa visinya terhadap Jumeirah Bali adalah meletakkan kembali "keaslian Bali" ke dalam arsitektur resor ini. Ia dan tim desain lainnya juga telah menyiapkan taman luas menyerupai halaman istana dengan pilar-pilar indah terinsinpirasi dari budaya Hindu Bali dengan pemandangan luas ke Lautan Hindia.

"Ini akan menjadikan karya arsitektur courtyard dan taman yang eksotis dan artistik," timpal Made Wijaya.

Menurut Made, tak hanya kompleks istana air dari timur Bali dan karya seni dari era Majapahit saja. Para tamu juga akan menikmati taman luas yang berhadapan langsung dengan pantai Dreamland.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com