Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernuansa Darah, Pesta Kebun Tetap Indah....

Kompas.com - 17/10/2012, 10:25 WIB

KOMPAS.com - Meskipun bukan merupakan perayaan asli Indonesia, perayaan Halloween kini mulai populer di kota-kota besar. Mal-mal sudah siap dengan beragam sale, serta kelab-kelab malam juga menyediakan tempat dan dekorasi unik untuk menggelar "pesta horor" ini setiap tanggal 31 Oktober.

Namun, bukan hanya tempat-tempat umum, beberapa keluarga juga sudah mulai merayakan Halloween di rumah mereka. Ajang berkumpul keluarga menjadi lebih menarik dan menantang dengan dekorasi unik dan "menyeramkan" di pesta ini.

Belum lagi, anggota keluarga dan kerabat yang diundang diwajibkan mengenakan kostum-kostum unik dan menyeramkan untuk merayakan Halloween bersama. Nah, jika Anda merupakan salah satu dari keluarga yang merayakan Halloween itu, sudahkan Anda menyiapkan tema dekorasi Halloween tahun ini?

Pesta kebun

Tema dekorasi Halloween umumnya tidak banyak berubah dari tahun ke tahun. Labu, kucing hitam, penyihir, dan sosok-sosok menyeramkan lain menjadi hiasan wajib untuk dipajang.

Tahukah Anda, labu menjadi simbol Halloween paling umum lantaran labu merupakan perlambang keadaan alam musim gugur di daerah Eropa dan Amerika Utara ketika tengah merayakan Halloween? Jika Anda belum mendapatkan gambaran lain untuk pesta ini, selain labu dan penyihir, cobalah membuat pesta kebun bertema Halloween. Dengan mengetahui lokasi tempat mengadakan pesta, Anda dapat menggali ide-ide lain untuk dekorasi.

Tentu saja, masih ada cukup banyak waktu untuk mengerjakan ide-ide unik bertema Halloween tersebut. Namun, ketika mulai membuat daftar kebutuhan pesta, pastikan dulu keperluan dasar yang akan Anda perlukan. Setelah itu, barulah Anda dapat mulai membuat atau memajang ornamen-ornamen Halloween.

Siang atau malam?

Pertama-tama, pastikan kapan tepatnya Anda akan menggelar pesta Halloween. Jika pada siang atau sore hari, Anda membutuhkan shade atau tenda yang akan mengurangi paparan sinar matahari.

Tidak ada salahnya menggunakan shade pada malam hari. Setidaknya, gerimis tidak akan mampu menghentikan pesta Anda.

Selain itu, satu hal harus sangat Anda perhatikan pada pesta di malam hari adalah pencahayaan. Kondisi terlalu gelap tentu akan riskan dan berbahaya. Lilin-lilin dan dekorasi lain dapat dengan mudah tersandung. Sementara keadaan terlalu terang juga tidak cocok untuk pesta Halloween.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan lampu-lampu berbentuk lampion agar mendapatkan sinar temaram dari atas kepala. Khusus menerangi meja dan jalan setapak, Anda bisa menggunakan labu-labu berbentuk Jack-o'-Lantern denga lilin di dalamnya.

Gunakan lilin anti-nyamuk untuk menambahkan kenyamanan Anda. Jika sungkan menggunakan lilin yang berisiko tinggi, Anda bisa memanfaatkan lampu berbentuk lilin. Lampu-lampu ini memiliki cahaya yang meniru pendar lilin.

Tentukan konsep pesta

Selain memastikan waktu berpesta, pastikan juga konsep pesta Anda. Anda dapat membuat standing party yang minim tempat duduk atau membuat acara kumpul-kumpul keluarga sederhana dengan banyak kursi dan sofa. Selain menentukan jumlah kursi, konsep pesta juga membuat Anda mudah mengetahui cara menyajikan hidangan bagi tamu undangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com