Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edan...Tanaman Bisa "Menelpon" Anda untuk Menyiramnya!

Kompas.com - 28/09/2012, 15:55 WIB

KOMPAS.com - Memiliki taman mungil di rumah atau apartemen Anda akan sangat menyenangkan. Selain hanya memerlukan sedikit tempat, taman mungil yang hanya berisi beberapa pot tanaman ini seharusnya relatif mudah dipelihara.

Namun, satu saja tanaman layu, akan sangat terlihat. Padahal, Anda belum tentu memiliki waktu mengecek tanaman setiap harinya.

Bagi Anda yang sibuk, namun senang memelihara tanaman, mungkin akan sangat menghargai penemuan baru ini. Dengan penemuan ini, tanaman Anda akan "memanggil" Anda untuk menyiramnya.

Ya, Anda tidak perlu selalu mengecek tanaman. Para peneliti tengah berusaha menemukan berbagai macam cara agar tanaman dapat berkomunikasi. Berbagai ide-ide "gila" mulai mereka coba realisasikan.

Salah satu proyek "tergila" adalah proyek yang dicetuskan di Universitas Keio, Jepang. Penelitian ini mencoba membuat tanaman dapan melambaikan rantingnya untuk mendapatkan perhatian Anda.

Prototipe yang dibuat oleh para peneliti ini menghubungkan motor di dasar pot tanaman dengan detektor gerak di dasar pot. Salah satu fungsi dasarnya adalah menjadi sensor untuk mendeteksi masalah, seperti kurangnya air atau kelebihan air. Ketika sensor gerak mendeteksi seseorang di dekat tanaman, ia akan melambaikan salah satu cabang kecil tanaman untuk berkomunikasi.

"Hei, saya memerlukan minum!". Atau, "Stop! Sudah cukup banyak air!".

(Sumber: http://www.houzz.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com