Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Organisasi Kami Tidak Jelas, tetapi Hasilnya Jelas

Kompas.com - 21/09/2012, 06:19 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Cagub-cawagub DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama, diketahui unggul berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) sejumlah lembaga survei. Sebut saja Lingkaran Survey Indonesia (LSI) yang menyatakan pasangan nomor urut 3 itu unggul sebesar 53,68 persen di atas Foke-Nara yang hanya 46,32 persen.

Jokowi mengatakan, terdapat salah satu hal yang berkontribusi besar terhadap keunggulannya tersebut, yaitu media. Menurutnya, media seolah antara ada dan tiada. Bahkan, dia mengaku kerap lupa menyebutkan tim media sebagai pendongkrak keunggulan.

"Kami ini memang organisasi yang tidak jelas. Tetapi, yang sering lupa disebut adalah tim media. Itu yang sering kami lupakan. Ada namanya tim media yang seolah tidak kelihatan, tetapi berperan besar sekali. Organisasi kami memang tidak jelas, tetapi hasilnya jelas. Inilah sebuah gerakan masyarakat yang tidak terorganisir, tetapi bergerak semuanya," kata Jokowi dalam jumpa pers di Posko Pemenangan di Jalan Borobudur 22, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2012) malam.

Jokowi menuturkan, keunggulannya dibantu oleh organisasi (sesuatu) yang "tidak jelas", mulai dari komunitas, perkumpulan, hingga gerakan yang mendukung dirinya dan Basuki. Media termasuk yang dia nilai seperti ada dan tiada, tetapi membawa hasil yang jelas.

"Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada media. Tanpa media, barangkali visi misi yang kami miliki tidak akan pernah sampai kepada masyarakat luas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com