Sabtu, 19 April 2014
MENATA RUANG
Syaratnya, Mendekorasilah dengan Hati....
Penulis : Tabita Diela | Rabu, 19 September 2012 | 14:31 WIB
|
Share:
www.houzz.com
Sudah saatnya Anda menggunakan kontainer penyimpanan yang mudah diakses. Tidak perlu menyusahkan diri sendiri sehingga harus dipastikan boks-boks penyimpanan barang dapat Anda raih dengan mudah.

KOMPAS.com - Hidup sederhana bukan berarti Anda meninggalkan kehidupan real Anda saat ini. Anda tidak perlu terburu-buru meninggalkan kota besar hanya demi meraih cara "hidup sederhana".

Sebenarnya, hidup sederhana berarti Anda mengerti betul yang Anda gemari. Dengan demikian, waktu, energi, dan uang milik Anda hanya akan Anda habiskan untuk hal-hal berarti, termasuk juga dengan rumah Anda.

Ya, dengan membersihkan benda-benda menumpuk di rumah, menciptakan kebiasaan baru, dan menetapkan prioritas hidup, Anda sudah dapat menyederhanakan hidup Anda di manapun berada. Dekorasi sederhana yang dekat dengan pribadi Anda akan membuat hal di sekeliling Anda tidak mubazir. Berikut ini 10 langkah untuk mulai mendekorasi rumah dengan hati Anda:

1. Lakukanlah "pemanasan"

Maksudnya "pemanasan"? Ya, caranya dengan bertanya kepada diri Anda sendiri, apa sebenarnya yang Anda inginkan dengan menyederhanakan hidup Anda di rumah. Anda bisa membayangkan rutinitas sehari-hari setelah semua hal di sekeliling Anda lebih sederhana.

Dengan kesederhanaan, mungkin Anda mencari ruangan lebih longgar, atau kebersihan, atau kurangnya tekanan stres. Dengan mengetahui hal-hal yang sebenarnya Anda inginkan, Anda dapat memiliki tujuan dari "proyek" Anda. Misalnya, mendapatkan rumah yang terasa lega.

2. Kenangan

Tampilkan barang-barang kenangan, dan singkirkan sisanya. Anda bisa memulainya dengan langkah kecil. Misalnya, jika memiliki sekotak penuh foto-foto lama yang mengingatkan Anda pada kenangan indah, pilihlah foto-foto tersebut, dan pajang di rumah Anda.

Anda bisa memulai aktifitas ini dengan menghabiskan 10 menit setiap Sabtu pagi sekadar untuk membersihkan barang-barang yang menumpuk. Sedikit demi sedikit, Anda akan memiliki rumah yang hanya penuh dengan hal-hal penting dalam hidup Anda.

3. Prioritaskan uang

Mulai sekarang, Anda hanya akan menghabiskan uang untuk "barang berharga" saja. Cara ini efektif untuk menghindari kembali menumpuknya barang di rumah Anda. Jika ingin membeli sesuatu, tanyakan pada diri Anda sendiri, jika barang yang ingin Anda beli harganya sepuluh kali dari harga barang tersebut saat ini, apakah Anda tetap ingin membelinya?

Ide dari langkah tersebut, tentu, agar Anda tidak akan berbelanja untuk barang-barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Jangan sampai, barang tersebut hanya menjadi keinginan sesaat Anda.

4. Hindari kerumitan

Pastikan semua yang ada di rumah Anda tampak sederhana. Pilihlah warna-warna senada untuk perlengkapan Anda. Rak piring berisi berbagai piring dengan warna dan ukuran berbeda akan memberikan kesan menumpuk dan penuh. Jika piring-piring Anda memiliki warna senada, lemari penyimpanan Anda akan tampak rapih dan jauh lebih menyenangkan.

5. Kontainer mudah diakses

Sudah saatnya Anda menggunakan kontainer penyimpanan yang mudah diakses. Tidak perlu menyusahkan diri sendiri sehingga harus dipastikan boks-boks penyimpanan barang dapat Anda raih dengan mudah.

Untuk lokasi-lokasi seperti garasi atau gudang, Anda bisa memakai kontainer yang berpenutup. Selain mudah diakses, barang-barang di dalamnya akan terbebas dari debu.

6. Ukuran rumah

Ini satu kondisi khusus, yaitu jika masih sempat memilih, pilihlah rumah dengan ukuran sesuai untuk Anda dan keluarga. Tidak terlalu besar, namun cukup besar untuk membuat penghuninya merasa nyaman. Jangan sampai, rumah terlalu banyak ruang yang tidak terpakai.

7. Jadilah pribadi "digital"

Cara ini akan membuat Anda mengurangi penggunaan kertas di rumah. Kertas-kertas yang menumpuk akan memenuhi rumah Anda. Namun, dengan mengandalkan alat elektronik, pastikan juga Anda sudah siap dengan back-up data secara lengkap.

8. Sistem sederhana

Anda perlu menciptakan sistem sederhana di rumah. Anda tidak perlu pengingat untuk mandi dan menggosok gigi karena Anda melakukannya setiap hari. Maka dari itu, gunakan cara yang sama untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah. Misalnya, mencuci baju setiap malam. Setelah menjadi kebiasaan, Anda tidak lagi "lupa", bahwa Anda harus mencuci setumpuk baju kotor di akhir minggu.

9. Senang setiap hari

Bersemangatlah untuk menyenangkan diri Anda sendiri setiap hari. Anda berhak menikmati hal-hal sederhana setiap hari, mulai wanginya sabun, sebuket bunga, wangi buku baru, atau hal-hal sederhana apapun di rumah Anda.

Anda bisa memulai hal ini dengan membuat daftar hal-hal sederhana yang Anda sukai. Dengan membuat diri Anda senang setiap hari, hidup Anda terasa lebih ringan, suasana di rumah pun jauh lebih menyenangkan.

10. Desain khusus untuk keluarga Anda

Buatlah rumah senyaman mungkin bagi Anda dan keluarga. Jika hobi memasak, Anda harus menata alat memasak dengan cara cerdas. Cara yang membuat Anda dapat bergerak dengan mudah dan natural.

Kini, ketika rumah sudah ditata sesuai gaya hidup Anda, Anda akan tidak akan kerepotan. Anda justru mampu menghabiskan waktu lebih banyak untuk keluarga, teman, dan binatang peliharaan yang Anda sayangi.

(Sumber: http://www.houzz.com)


Editor :
Latief