Sabtu, 1 November 2014
KEBERSIHAN
Menahan Debu untuk Rumah di Pinggir Jalan
Penulis : Tabita Diela | Rabu, 19 September 2012 | 13:20 WIB
|
Share:
www.houzz.com
Untuk debu dari luar, terutama bagi Anda yang memiliki rumah di pinggir jalan, pastikan Anda memiliki lahan cukup untuk menanam pohon.

KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, sebuah keluarga di Singapura membangun Armadillo House. Rumah bergaya minimalis rancangan Formwerkz Architects ini sengaja didesain untuk mengurangi bisingnya keramaian lalu lintas kota. Uniknya, bukan hanya meredam suara bising, rumah Armadillo ini juga mampu menahan debu masuk ke dalam rumah.

Anda dan mungkin ribuan rumah lainnya di Jakarta mungkin mengalami masalah yang sama; berada di pinggir jalan dan terpaksa menerima polusi bising dan debu dari jalan raya. Sayangnya, tidak semua keluarga seberuntung keluarga asal Singapura tersebut.

Namun, alih-alih membangun rumah Armadillo, ada cara lebih sederhana untuk menjauhkan rumah dari debu membandel. Simak tips berikut ini:

1. Lemari pakaian

Debu dapat masuk sampai ke lemari pakaian Anda. Untuk menghindari hal ini, biasakan memasukkan baju tidak terpakai ke dalam plastik bening.

2. Jangan tunggu debu menumpuk

Selain menyapu rumah setiap hari, sebaiknya Anda tidak membiarkan barang-barang menumpuk di lantai. Usahakan lantai bersih dari barang-barang berserakan setiap harinya. Dengan begini, Anda akan lebih mudah membersihkan lantai setiap waktu.

3. Ganti seprai seminggu sekali

Kasur adalah salah satu penyumbang debu paling banyak di rumah. Seprai akan mengumpulkan serpihan kulit dan serat yang siap diterbangkan setiap kali badan kita bergerak di kasur. Menepuk-tepuk bantal belum cukup, karena langkah lebih baik adalah segera mencucinya.

4. Hindari penggunaan karpet

Karpet mudah menyerap debu sehingga lebih baik Anda menggunakan lantai kayu, keramik, atau marmer. Bahan lantai licin membantu kurangi debu di rumah Anda.

5. Debu luar rumah

Untuk debu dari luar, terutama bagi Anda yang memiliki rumah di pinggir jalan, pastikan Anda memiliki lahan cukup untuk menanam pohon. Tanaman, terutama pepohonan besar seperti tanaman buah, terbukti mampu menyerap polusi udara. Pohon Puring misalnya, terbukti mampu menyerap unsur timbal di udara. Selain itu, Pohon Kersen juga mampu menyerap partikel debu di udara.

Memang, Anda tidak perlu membangun rumah minimalis dengan "perisai" modern untuk menghalau debu. Solusi go green dengan menanam pohon sudah dapat mengurangi masalah debu Anda.

Selamat mencoba!

Sumber :
Berbagai Sumber

Editor :
Latief