Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Ongkos Produksi Sebuah iPhone 5

Kompas.com - 18/09/2012, 14:58 WIB

KOMPAS.com — Apple membanderol iPhone 5 16GB versi tidak terikat kontrak (unlocked) dengan harga 649 dollar AS. Kira-kira, berapa keuntungan yang diraih oleh Apple dari hasil penjualan sebuah iPhone 5 16GB?

Dikutip dari VentureBeat, UBM Tech Insight menganalisis kalau Apple harus mengeluarkan uang sebesar 167,5 dollar AS untuk memproduksi sebuah iPhone 5 16GB versi unlocked.

Menurut Tech Insight, komponen termahal yang terdapat di iPhone generasi ke-6 milik Apple ini adalah prosesor A6. Komponen yang diperkirakan memiliki empat inti ini diperkirakan dibanderol seharga 28 dollar AS.

Komponen termahal kedua yang ada di iPhone 5 adalah modem 4G LTE dari Qualcomm. Diperkirakan kalau modem ini memiliki harga 25 dollar AS.

Dari biaya total produksi dan juga harga yang ditetapkan, maka Apple akan mendapatkan keuntungan sebesar 481,5 dollar AS.

Keuntungan tersebut memang tidak seluruhnya masuk ke kas bank Apple. Mereka tetap harus membayar biaya pemasaran dan promosi iPhone 5 menggunakan sebagian dari keuntungannya tersebut.

Namun, sisa keuntungan yang didapatkan diperkirakan masih cukup besar bagi Apple. Sebagai bayangan, Apple mendapatkan pendapatan bersih sebesar 8,8 miliar dollar AS di kuartal lalu.

Berikut, KompasTekno hadirkan rincian perkiraan harga produksi iPhone 5, iPhone 4s, dan iPhone 4.

 

 

 

iphone5-costs-168

(gambar: UBM Tech Insight).

Berita terkait peluncuran iPhone 5 ini dapat diikuti dalam liputan khusus "iPhone 5".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com