Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sesali Hasil Pengecatan Sendiri!

Kompas.com - 17/09/2012, 16:41 WIB

KOMPAS.com - Melakukan sendiri proses pengecatan dapat menjadi salah satu jalan termudah dan termurah meng-upgrade rumah. Namun, Anda sebaiknya memberikan perhatian lebih agar tidak mengeluarkan biaya lebih besar hanya lantaran hasil cat mengecewakan.

Berikut ini beberapa tips bagi yang ingin mengecat sendiri rumahnya:

1. Gunakan lakban

Selalu menggunakan lakban khusus untuk mengecat. Dengan menaruhkan lakban ini pada ujung-ujung dinding, Anda dapat menghindari garis yang berantakan.

Namun, pastikan lakban yang Anda gunakan benar-benar lakban khusus untuk mengecat. Lakban ini berkualitas tinggi, kuat, dan mampu membentuk garis-garis yang sempurna.

2. Bersihkan dinding

Tahapan sebelum mulai mengecat adalah membersihkan dinding. Mungkin, Anda tidak sadar, kotoran-kotoran di dinding Anda terus bertambah dari waktu ke waktu. Jika tidak dibersihkan, kotoran akan membekas saat terkena sapuan kuas cat dan membuat kotor dinding.

3. Alas kain

Daripada menutup lantai dengan terpal, lebih baik Anda menggunakan kain untuk memastikan cat tidak jatuh ke lantai. Terpal berbahan plastik lebih mudah berpindah-pindah, dan cat tetap akan mengotori lantai.

4. Amplas

Anda harus selalu mengamplas trim sebelum setiap lapisan. Ini akan menghindari Anda dari hasil pengecatan yang kasar. Namun, perlu juga diingat, bahwa juga harus membersihkan sisa amplas. Caranya, gunakan pembersih vakum atau seka trim dengan kain setelah mengamplas.

5. Kaleng cat

Jika Anda menggunakan beberapa kaleng cat untuk warna yang sama, sebaiknya Anda berhati-hati. Walaupun berasal dari merk dan jenis yang identik, warna dari beberapa kaleng cat tersebut dapat berbeda. Untuk itu, campurkan dulu cat dari beberapa kaleng cat yang Anda miliki. Dengan begini, Anda akan mendapatkan cat dengan warna sempurna.

(Sumber: http://www.decoist.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com