Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna "Underdog" yang Ampuh Percantik Taman

Kompas.com - 16/09/2012, 21:52 WIB

KOMPAS.com - Taman identik dengan warna-warni bunga dan hijau sebagai pigura yang melengkapi keindahan warna bunga. Bisa dibayangkan, satu warna lain yang mampu membingkai berbagai warna bunga di taman dan memberikan dimensi pada nuansa hijau.

Warna tersebut, bisa jadi, adalah warna abu-abu. Warna yang terkesan kelam dan menjadi warna underdog atau kurang diminati di taman, ini justru mampu menonjolkan warna-warni bunga.

Tanaman abu-abu

Sebenarnya, warna abu-abu yang dimaksud bukan warna abu-abu sempurna. Beberapa orang menyebutnya sebagai "hijau berdebu". Stachys byzantina atau lamb's ear adalah tanaman yang memiliki warna ini.

Lamb's ear

Lamb's ear memiliki daun lembut. Tanaman ini terasa "hampir berbulu". Selain warnanya khas, bagian terbaik dari tanaman ini adalah kemampuannya hidup di lingkungan yang keras. Anda bisa memanfaatkan ini untuk membatasi antara jalan setapak dan sekumpulan tanaman di taman Anda.

Astilbe

Selain lamb's ear, tanaman lain dengan warna hijau berbeda adalah tanaman astilbe. Astilbe atau Astilbe chinensis juga dikenal dengan nama false spirea. Tanaman ini cocok ditempatkan pada tanah lembab. Sayangnya, tanaman ini tidak tahan terhadap sinar matahari terik.

Sea Holly

Demi menghadirkan efek visual, Anda juga dapat menambahkan Sea Holly untuk mempercantik taman dengan warna peraknya yang menonjol dari antara tanaman lain.

Sea Holly atau Eryngium maritimum sebenernya telah beradaptasi untuk tumbuh di daerah berpasir. Tanaman sejenis yang lebih mudah ditanam di taman adalah Eryngium bourgatii, E. giganteum, E. x oliverianum dan E. x zabelii. Tanaman-tanaman ini dapat ditanam dalam kondisi normal. Sea Holly terkenal mampu bertahan di berbagai iklim.

Warna yang cocok untuk abu-abu

Setelah menambahkan dimensi pada hijaunya taman Anda, kini tiba waktunya menambahkan pemanis bagi taman. Warna oranye kekuningan misalnya, tampak cantik dengan warna abu-abu di taman Anda.

Selain itu, magenta juga menjadi pilihan tepat untuk disandingkan dengan warna abu-abu. Ungu dan abu-abu saling membantu menonjolkan warna masing-masing.

Silahkan Anda mencobanya!

(Sumber: http://www.houzz.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com