Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2012, 19:14 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa dapur menjadi terasa sempit? Jangan dulu menyalahkan ukuran ruangannya, karena bisa jadi hal tersebut akibat penataan dapur tidak dikerjakan dengan sesuai.

Sebenarnya, Anda tetap dapat membuat dapur terlihat lebih bersih dan lapang meskipun dengan ukurannya terbatas atau mungil. Simak langkahnya berikut ini:

Dekorasi ramping

Pertama, Anda harus memastikan segala sesuatunya rapi dan ramping. Hindari menempatkan dekorasi yang besar dan tidak perlu.

Plafon

Pertimbangkan untuk menempatkan lemari dinding yang tidak terlalu tinggi, terutama jika plafon rumah Anda rendah. Namun, jika memang memiliki plafon tinggi, Anda bisa memasang lemari gantung agar ruangan bagian bawah terasa lebih lapang. Jika memungkinkan, usahakan unit-unit tidak tampak mendominasi keseluruhan ruangan.

Kabinet

Pasang sederetan kabinet yang di ujungnya terdapat rak berbentuk lengkung. Hal ini bisa memberikan tampilan lebih ramping. Kalau bisa, tekstur pada lemari memiliki unsur minimalis untuk memberikan kesan simpel dan tidak ramai.

Pintu dan laci

Cobalah untuk memasang pintu dan laci dengan pegangan yang tidak menonjol. Apabila memungkinkan, Anda bisa memasang rak dengan pintu geser sehingga tidak menghabiskan tempat. Pintu yang berengsel biasa bisa memakan banyak ruang jika dibuka penuh. Selain menghemat tempat, hal ini bisa membuat tampilan menjadi manis dan tidak terganggu dengan kenop atau handle yang menonjol.

Dinding split

Anda juga bisa memilih dinding split dengan bentuk pintu dibuka ke atas atau dilipat ke dalam ceruk lemari. Sembunyikan semua peralatan dapur di dalam kabinet agar tampilan luarnya tetap terlihat bersih dan rapi.

Peralatan masak

Namun, apabila Anda memutuskan membeli peralatan memasak, usahakan membeli peralatan masak yang multifungsi. Hal ini dilakukan agar menghemat tempat di dalam dapur. Selain itu, kurangi kedalaman lemari penyimpanan dengan memotong sedikit bagian belakangnya sehingga bisa sedikit menambah kapasitas penyimpanan. (VTO)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com