Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Bikin Tangga Rumah Membosankan!

Kompas.com - 14/09/2012, 11:46 WIB

KOMPAS.com - Bagi kebanyakan rumah, kehadiran tangga hanya menjadi akses penghubung satu lantai dan lantai lainnya. Tidak banyak perhatian diberikan untuk mempercantik keberadaanya. Padahal, tangga dapat menjadi salah satu penarik perhatian di rumah.

Sebetulnya, ide sederhana pada tangga dapat membuat rumah Anda tampak luar biasa. Berikut ini beberapa ide untuk tangga Anda:

Pegangan warna-warni

Untuk rumah yang didominasi dengan warna putih, Anda bisa mencoba bermain dengan warna pada pegangan tangga rumah Anda. Menurut situs Decoist.com, baru-baru ini perubahan besar tengah terjadi pada bidang desain interior. Alih-alih mencoba untuk membuat tangga "membaur" dengan sekelilingnya, para desainer interior justru menonjolkan tangga dengan memberikan warna pada pegangannya.

Mungkin, hal ini juga merupakan ide baik untuk rumah Anda. Cobalah skema warna ombre untuk tangga.

Ya, ombre mengacu pada skema warna yang memberikan kesan "memudar". Pilihlah satu warna yang Anda inginkan dan berkreasilah dengan mencampurnya dengan warna putih atau beige.

Pola unik

Selain pegangan tangga, Anda juga dapat menghias ruang yang ada antara satu anak tangga dan anak tangga yang lainnya. Solusi ini tepat bagi Anda yang menyukai perubahan drastis dan membentuk statement tegas pada tangga rumah Anda.

Caranya, Anda bisa mencat ruang antara anak tangga dengan berbagai pola geometris, garis-garis, polkadot, atau bentuk apapun sesuai keinginan Anda. Atau, cobalah untuk setia pada satu warna palet. Setelah itu, lihatlah perubahan drastis pada rumah Anda.

Selain mengecat, Anda juga dapat memanfaatkan stiker dinding yang kini banyak tersedia di pasaran. Selain lebih mudah, dekor dinding siap pakai ini juga membuat Anda lebih bebas mengganti desain kapanpun Anda inginkan.

Baru dari yang lama

Hal baru tidak selalu membuat rumah tampak "bersih" dan menjadi lebih baik serta nyaman. Daripada mengikuti tren, berikan saja sentuhan pribadi Anda.

Anda yang menyukai gaya vintage dapat membuat kayu anak tangga tampak tua dan usang. Maka, tonjolkan guratan kayu pada anak tangga atau berikan stensil merk-merk dagang yang tampak usang.

Karpet

Ide lainnya adalah memasang karpet dengan aneka corak pada tangga rumah Anda. Tumpuk beberapa karpet dengan corak mencolok yang memiliki warna senada.

Namun, Anda harus berhati-hati. Pastikan karpet telah terpasang dengan baik. Jangan sampai, karpet yang Anda gunakan untuk mempercantik rumah menjadi sumber malapetaka ketika ada yang terpeleset.

(Sumber: http://www.decoist.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com