Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat...Tiga Manfaat Penerangan Taman!

Kompas.com - 14/09/2012, 10:45 WIB

KOMPAS.com - Menambah lampu-lampu di taman rumah bukan hanya membuatnya menjadi lebih cantik. Dengan penyinaran yang tepat, taman Anda akan mendapatkan tiga hal bermanfaat ini; keselamatan, keamanan, dan bahkan lebih "seksi".

Keselamatan

Berarti penerangan yang tepat akan membuat taman tidak berpotensi menimbulkan bahaya kecelakaan, seperti mudah tersandung atau terantuk batu atau benda lain di taman Anda. Berikut langkahnya:

- Ambillah lampu senter dan berjalanlah di taman Anda saat gelap. Tempat-tempat tertentu dapat dengan mudah mencelakakan Anda.

- Tandai bagian-bagian berbahaya tersebut. Anda sebaiknya menaruh penerangan tepat di sekitar area yang telah Anda tandai.

- Mudahnya, berikan penerangan pada jalan setapak. Jadi, ada dua hal yang akan "membimbing" Anda dan tamu Anda melewati taman, yaitu lampu dan susunan batu.

Keamanan

Anda dapat dengan mudah menyadari, jika ada orang asing yang menyusup ke rumah Anda. Simak langkahnya:

- Coba perhatikan bagian gelap di taman Anda. Beberapa spot membutuhkan penerangan lebih. Tujuannya, agar taman Anda tidak menjadi tempat nyaman untuk bersembunyi.

- Salah satu cara untuk menjangkau seluruh taman adalah dengan memberikan penerangan jalan atau path light. Ada dua cara dalam memberikan path light. Cara pertama adalah memanfaatkan penerangan yang lembut. Cara kedua dengan menggunakan penerangan tegas.

- Cara yang lembut adalah dengan "menyembunyikan" lampu taman Anda. Seolah-olah, Anda membiarkan lampu taman Anda membaur dengan tanaman.

- Cara tegas cenderung lebih mudah. Anda tinggal "memajang" lampu di sepanjang sisi jalan setapak menuju rumah Anda.

- Jangan lupa, Anda juga dapat memberikan penerangan khusus pada tangga. Selain mempermudah langkah, lampu semacam ini juga akan mempercantik rumah dan taman Anda.

Seksi?

Tentu saja, taman Anda terlihat seksi! Dengan lampu yang tepat, Anda akan memberikan nuansa berbeda dan istimewa.

Selain dua hal esensial, lampu juga dapat menambahkan mood tersendiri. Pilih obyek yang ingin Anda tonjolkan dari taman Anda, baik itu pohon yang cantik, batu berkarakter, atau tanaman lain.

Tanaman atau fitur istimewa yang ada di taman dapat Anda "angkat" dengan menggunakan pencahayaan. Anda hanya perlu mengenal beberapa hal sederhana dalam mengarahkan lampu taman, yaitu uplighting, downligting, dan directional (transverse) lighting.

(Sumber: http://www.houzz.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com