Kamis, 21 Agustus 2014
MEJA MAKAN
Pencahayaan Tepat, Makan Pun Semakin Nikmat....
Rabu, 12 September 2012 | 16:09 WIB
|
Share:
www.houzz.com
Jaga agar cahaya yang dipancarkan cukup lembut dan halus, tapi juga tidak terlalu redup.

KOMPAS.com - Meskipun sering terlupakan, pencahayaan memiliki peran penting untuk membangun suasana. Jangan sampai kegiatan makan terganggu hanya lantaran buruknya pencahayaan.

Di ruangan manapun, cahaya merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan. Terang saja tidak cukup, sebab perlu ada skema khusus agar penglihatan tak terganggu.

Elizabeth Wilhide dalam bukunya Light Your Home mengatakan, fokus dalam ruang makan terletak pada meja makan. Apapun makanan yang terhidang, dan interaksi seperti apapun terjadi di sana, harus bisa didukung oleh pencahayaan secara fleksibel.

Untuk itulah, Whilhide memberikan beberapa trik untuk kenyamanan visual di ruang makan. Simak berikut ini:

- Jaga agar cahaya yang dipancarkan cukup lembut dan halus, tapi juga tidak terlalu redup.

- Penempatan lampu gantung sangat baik untuk menghadirkan fokus.

- Untuk menghindari silau, gantung lampu di posisi yang rendah. Tapi, tidak juga terlalu rendah, karena bisa menghalangi pandangan ke sekitar meja.

- Lampu tambahan seperti wall sconce memberi efek yang baik dan membuat ruangan terasa lebih lega dan terbuka. Lampu meja atau standing lamp bisa dijadikan alternatif untuk memberikan efek serupa.

- Downlight sebaiknya tidak digunakan di sekitar area makan. Sebab, sulit menemukan posisi yang tepat untuk menghindari silau.

- Berikan aksen cahaya pada benda-benda pajangan pada dinding atau rak di sekitar area makan untuk melengkapi dekorasi.

Intinya, dari beberapa tips tersebut, desain yang baik mampu memberikan kenyamanan bagi pengguna. Baik kenyamanan psikologis maupun sebatas visual, semua kenyamana harus terpenuhi. Coba saja, makanan pasti terasa lebih nikmat pada ruangan yang terasa nyaman!

(Putri Dwimirnani)

Sumber :
iDEA
Editor :
Latief