Kamis, 2 Oktober 2014
MENATA DAPUR
Mengusir Udara Panas di Dapur Sempit
Selasa, 11 September 2012 | 16:00 WIB
|
Share:
Shutterstock
Sirkulasi buruk pada dapur adalah penyebab utama hawa panas itu menyeruak. Udara panas yang seharusnya naik ke atas tak bisa mengalir ke tempat lain.

KOMPAS.com - Dapur sempit seringkali memiliki sirkulasi udara yang tidak baik. Kurangnya bukaan pada dapur akan menggangu jalannya udara.

Namun, ada cara mengurangi panas di dapur sempit Anda. Sirkulasi buruk pada dapur adalah penyebab utama hawa panas itu menyeruak. Udara panas yang seharusnya naik ke atas tak bisa mengalir ke tempat lain.

Situasi tersebut akan sangat mengganggu penghuni rumah. Untuk itu, simal beberapa tips untuk menyiasatinya: 

- Jika rumah sudah menggunakan atap seng, maka pada bagian atap dapur, tepatnya di bawah atap seng, sebaiknya dilapisi spon.

- Pemasangan plafon yang lebih tinggi dengan model atap jack roof (atap bertingkat) bisa jadi solusi.

- Manfaatkan lubang antaratap untuk dijadikan bukaan aliran udara panas.

- Buatlah desain yang bisa memastikan aliran udara bersikulasi melalui bukaan jendela atau pintu dapur yang menghadap ruangan terbuka. Caranya, tempatkan dapur di dekat ruang terbuka, bukan di tengah ruangan-ruangan rumah.

Dapur dengan sirkulasi udara yang baik akan membuat Anda nyaman dalam memasak. Dengan begini, dapur sempit bukan menjadi alasan, bukan? Selamat mencoba! (Richardus Setia Gunawan)

Sumber :
iDEA
Editor :
Latief