Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Bahaya Polutan dan Tanaman Ampuh Peredamnya!

Kompas.com - 11/09/2012, 10:22 WIB

KOMPAS.com - Benda-benda di rumah yang tampak tidak berbahaya, bisa jadi, sebenarnya tengah mengintai kesehatan Anda dan keluarga. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Zat kimia berbahaya yang dihasilkan oleh benda-benda tersebut dapat diserap oleh tanaman hias.

Berikut ini polutan yang mungkin ada di rumah Anda, lengkap dengan solusi dari tanaman hias yang dapat Anda pajang di rumah. Karena dengan tanaman hias ini, rumah Anda bukan saja semakin cantik, tetapi juga aman dari polutan di waktu bersamaan:

Formaldehida

Formaldehida disebut juga dengan metanal atau formalin. Zat ini dapat menyebabkan iritasi kepala dan membran mukosa yang menyebabkan keluarnya air mata, pusing, tenggorokan terasa terbakar, dan rasa "kegerahan". Bahkan, dalam jumlah besar, formaldehida dapat menyebabkan kematian.

Formaldehida dikonversi oleh tubuh menjadi asam format yang meningkatkan keasaman darah, tarikan napas pendek dan sering, hipotermia, koma, bahkan kematian. Zat ini umumnya dihasilkan oleh tripleks, particle board, karpet, meber, produk kertas, bahan pembersih, resin, minyak tanah, dan asap rokok.

Adapun tanaman yang dapat menyerap formaldehida adalah Hanjuang, Ficus, lili paris, palem bambu, Philodendron, Pake Neprolepis, bunga krisan, Azalea, sri rejeki, dan Aglonema.

Trikhloroetilena (TCE)

TCE adalah salah satu polutan lingkungan yang populer di dunia industri. TCE adalah senyawa kimia yang stabil, bersifat karsinogenik, dan dapat merusak hati. Biasanya, TCE dihasilkan oleh tinta, cat, pernis, dan lem.

Untuk menyerap polutan yang dihasilkan oleh barang-barang ini, Anda dapat menanam Hanjuang, palem bambu, dan bunga krisan.

Benzena

Benzena merupakan cairan tak berwarna dan mudah terbakar. Sebenarnya, benzema juga menjadi bahan dasar dalam produksi obat-obatan, plastik, bensin, karet buatan, dan pewarna. Namun, karena bersifat karsinogenik, maka pemakaiannya selain di bidang non-industri sangat terbatas.

Karsinogenik adalah substansi yang menyebabkan kanker atau meningkatkan resiko timbulnya kanker. Umumnya benzena dihasilkan oleh bensin, tinta, minyak, cat, plastik, karet, deterjen, dan asap rokok.

Adapun jenis tanaman yang dapat menyerap polutan benzena adalah Hanjuang, Sansivera, palem bambu, bunga krisan, dan Aglonema.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com