Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMP Terbuka Kinabalu Meriahkan Lomojari di Indonesia

Kompas.com - 10/09/2012, 18:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) Bidang Akademik 2012 bagi peserta didik SMP Terbuka (SMPT). Lomba yang berlangsung di Jakarta pada 10-14 September tersebut diikuti 33 tim SMP Terbuka dari 32 provinsi di Indonesia plus satu SMPT di wilayah Sabah, Malaysia.

"Salah satu yang istimewa dari Lomojari 2012, satu tim peserta berasal dari SMP Terbuka Kinabalu Sabah, Malaysia," kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud Didik Suhardi di Jakarta, pada Seni (10/9/2012).

Menurut Didik, Lomojari merupakan upaya Kemendikbud untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar para peserta didik SMPT yang memiliki keunikan, karakteristik dan keterbatasan pembelajaran tersendiri. Dia mengatakan, SMPT memang ditujukan sebagai alternatif layanan pendidikan dasar bagi kelompok usia 13-15 tahun yang memiliki kendala sosial, ekonomi, transportasi, dan letak geografis yang terpencil.

Lomojari Bidang Akademik 2012 akan melombakan kemampuan akademik tim peserta SMPT berdasarkan modul serta materi pelajaran SMPT kelas VII dan VIII. Selain itu, peserta tim juga akan diuji materi pengetahuan umum dan kontemporer yang diambil dari surat kabar, majalah maupun berita aktual dari media elektronik.

"Diharapkan melalui Lomojari Bidang Akademik ini peserta didik SMPT dapat lebih terpacu lagi untuk belajar dan meningkatkan kepercayaan diri mereka," katanya.

Hingga saat ini, jumlah SMPT di Indonesia mencapai 2.111 sekolah yang melayani ratusan ribu peserta didik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com