Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Kecil Hati, Pot Bisa Jadi Solusi!

Kompas.com - 07/09/2012, 16:46 WIB

KOMPAS.com - Lahan sangat terbatas tak perlu membuat Anda berkecil hati untuk menghadirkan kehijauan di teras rumah. Sampai saat ini, tanaman dalam pot tetap bisa menjadi solusi karena praktis dan bisa dikreasikan kapan pun Anda mau.

Dengan menata ulang tanaman dalam pot, Anda bisa menciptakan suasana baru. Anda bisa menghadirkan tanaman dengan cara digantung atau tersusun secara bertingkat agar tampilannya memikat.

Beruntungnya desain pot saat ini semakin beragam. Anda tinggal menyesuaikannya dengan gaya desain rumah Anda, baik pot terbuat dari semen, tanah liat, keramik, atau kayu.

Namun, hal penting tak boleh luput diperhatikan adalah jenis tanaman untuk media pot Anda. Berikut beberapa cara bisa Anda pertimbangkan untuk memilih jenis tanaman pot di rumah: 

Jenis tanaman 

Tak hanya teras. Jendela rumah pun bisa Anda permanis dengan meletakkan beberapa buah pot tanaman di bagian sisinya. Mengingat mungilnya area tanam dan penempatannya, tanaman yang dibutuhkan pun sebaiknya dipilih jenis tanaman yang kecil. Untuk itu, hitung luas area penempatan tanaman-tanaman ini dan sesuaikan jaraknya antara pot yang satu dan lainnya.

Bunga atau buah dan sayuran

Tanaman bunga bisa menjadi salah satu alternatif. Hanya, jangan lupa untuk rutin memangkas atau memindahkannya ke pot lain agar tampilannya selalu rapi. Jika luas area cukup besar, Anda bisa menggunakan jenis tanaman lainnya, seperti daun sirih atau jenis tanaman buah dan sayur, seperti tomat atau cabai.

Iklim dan perawatan

Ada baiknya Anda memilih tanaman sesuai dengan iklim udara maupun gaya hidup Anda sendiri. Jika Anda tergolong orang sibuk dan sering bepergian, sebaiknya Anda menggunakan tanaman tropis seperti kaktus. Tanaman jenis ini hanya membutuhkan sedikit air sehingga tidak terlalu riskan jika ditinggal terlalu lama tanpa penyiraman.

Saat ini bentuk tanaman kaktus sangat beragam dengan warna-warni cantik untuk mendukung tampilan interior dan eksterior rumah. Lainnya, Anda bisa memilih sansevieria atau lidah mertua.

Tanaman lidah mertua juga tahan dalam kondisi sedikit air. Apalagi, lidah mertua kini semakin banyak penyukanya dan mudah ditemui di banyak rumah. Selain perawatannya mudah, warna tanaman ini juga memikat dengan bentuknya yang runcing sehingga cocok diletakkan di rumah bergaya modern atau minimalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com