Kamis, 2 Oktober 2014
SOFA
Lebih Cermat Memilih Sofa
Jumat, 7 September 2012 | 15:18 WIB
|
Share:
Shutterstock
Sofa berkualitas baik menggunakan busa yang memiliki kualitas umur 5-10 tahun tidak mengempis.

KOMPAS.com - Sofa memang bisa menjadi salah satu andalan bagi Anda yang ingin menikmati suasana santai. Kombinasinya pun banyak, mulai dari berbagai aksesoris, meja kopi, atau aneka pot bunga untuk menjadikan sofa sebagai pemandangan utama dalam memperindah ruangan.

Namun, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan dalam memilih sofa yang tepat bagi ruangan rumah Anda. Untuk ruang keluarga, selain pilihan sofa empuk dan berkualitas, Anda perlu menyesuaikannya dengan jumlah anggota keluarga dan ukuran ruangan.

Dilihat dari bentuknya, sofa memiliki beberapa pilihan bentuk. Pilihan bentuk itu di antaranya L shape, U shape, dan I shape dengan formasi 2-1-1 seat atau 2-3 seat. Untuk ruang keluarga, sofa yang dipakai biasanya jenis 2-3 seat.

Saat ini banyak jasa pembuatan sofa bisa membantu Anda membuatkan sofa sesuai bentuk, ukuran, dan warna bahan berdasarkan keinginan. Berikut beberapa tips untuk Anda memilih sofa:

Kualitas busa dan pegas

Perhatikan kualitas busa dan per/pegas yang digunakan. Sofa berkualitas baik menggunakan busa yang memiliki kualitas umur 5-10 tahun tidak mengempis. Demikian juga dengan per/pegas, banyak produsen menawarkan dengan garansi seumur hidup.

Kayu rangka sofa

Apakah rangka kayu sofa merupakan kayu yang melalui proses pemanasan oven atau tidak, ini menjadi perhatian penting Anda. Kayu yang melalui proses ini memiliki ketahanan lebih baik.

Pelapis sofa

Ini merupakan bagian paling utama untuk diperhatikan lebih mendalam. Pilihannya berbahan dasar kain atau kulit sintetis. Pilihlah bahan yang tebal dan memiliki serat yang rapat. Hal ini untuk mencegah peresapan air berlebih yang dapat menimbulkan busa dalam sofa dapat cepat rusak.

Warna dan tema ruangan

Sebagai penutup sofa, Anda hendaknya memilih warna dan corak yang sesuai dengan tema ruangan. Sebaiknya, pilih warna natural seperti hitam, abu-abu, putih, coklat, atau beige agar mudah disesuaikan dengan furnitur lain.

Kerapian jahitan dan sambungan tentu menjadi nilai tersendiri dalam keindahan sofa. Untuk itu, perhatikan dengan seksama kerapian jahitan antara kain dan busa sofa, apakah rapi dan kuat untuk menjamin sofa Anda tahan lama.

Selamat berburu sofa baru!

(Lukkie Putranto)

Sumber :
iDEA
Editor :
Latief