KAMAR MANDI
Masih Perlu Kamar Mandi Semi-Terbuka?
Penulis : M Latief | Jumat, 7 September 2012 | 14:06 WIB
|
Share:
Shutterstock
Dengan meletakkan beberapa tanaman dalam pot di kamar mandi, kondisi kamar mandi tertutup biasa pun bisa dibuat lebih segar alami dan menyenangkan.

KOMPAS.com - Jika tak memungkinkan, Anda tidak perlu membuat kamar mandi semi-terbuka untuk memunculkan suasana kesegaran alami di kamar mandi. Dengan tanaman, Anda bisa mewujudkan kenginan itu secara mudah.

Dengan meletakkan beberapa tanaman dalam pot di kamar mandi, kondisi kamar mandi tertutup biasa pun bisa dibuat lebih fresh alami dan menyenangkan. Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin mencoba menghadirkan kesegaran tanaman di dalam kamar mandi:

Tanaman tropis

Kondisi kamar mandi cenderung lembab, karena intensitas pemakaian air di ruangan ini sangat tinggi. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih tanaman tropis yang "terbiasa" terkena air.

Selain itu, jenis tanaman ini pun tidak terlalu membutuhkan banyak paparan sinar matahari, yang bahkan akan tumbuh lebih baik dengan sedikit sinar matahari atau tidak langsung terkena cahaya matahari.

Cahaya buatan

Anda bisa membuat cahaya buatan dengan lampu kombinasi dari incandescent dan fluorescent. Cahaya ini bisa dimanfaatkan untuk menggantikan paparan sinar matahari.

Jenis tanaman

- Philodendron (Daun Pilo): Tanaman ini mudah tumbuh dan ideal untuk pot gantung.

- Ficus: Termasuk ficus benjamina atau dikenal dengan Beringin, juga tumbuh baik di dalam pot.

- Bambu: Bambu tidak hanya sering dianggap pembawa keberuntungan, tetapi juga tumbuh baik di lingkungan lembab.

- Jenis tanaman lainnya adalah lily paris, variasi pakis, asparagus sprengeri, begonia, grape ivy (Cissus rhombifolia), anggrek atau gardenia.

Meletakkan tanaman

Selain menyejukkan pandangan, kehadiran tanaman dalam kamar mandi juga bermanfaat untuk menenangkan hati dan pikiran. Agar dapat tumbuh subur, tanaman tak hanya harus dirawat dengan baik dan rutin, melainkan juga memperhatikan faktor penempatannya.

Memang, idealnya tanaman tumbuh di luar ruangan yang kaya udara dan sinar matahari. Untuk itu, saat Anda meletakkannya dalam ruangan tertutup dan lembab, pastikan ruang tersebut mempunyai sirkulasi udara dan sinar matahari yang baik agar bisa memenuhi kebutuhan udara untuk tanaman-tanaman Anda.

Namun demikian, porsi kebutuhan udara atau cahaya pada tiap tanaman berbeda. Untuk itu, ada baiknya Anda lebih dulu mengenali jenis tanaman hias tersebut sebelum ditempatkan, misalnya, di dekat jendela, di sudut dinding, atau di balik sekat atau lemari.

Sumber :
Berbagai Sumber

Editor :
Latief