Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Merawat Keramik Mozaik

Kompas.com - 03/09/2012, 14:26 WIB

KOMPAS.com - Cara terbaik merawat keramik mozaik adalah dengan membersihkannya secara teratur. Setelah mandi, ada baiknya Anda membiasakan diri menyiram keramik sehingga sabun tidak menempel pada dinding.

Keramik memang akan lebih sulit dibersihkan, jika kotoran menempel pada dinding terlalu lama dan terakumulasi. Untuk itu, buatlah jadwal untuk membersihkan kamar. Lap keramik kamar mandi paling tidak seminggu sekali. Dengan begitu, keramik akan selau bersih dan segar.

Ada beberapa tips untuk Anda merawat keramik mozaik di rumah. Simak berikut ini:

Larutan cuka

Campurkan larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Masukan larutan ke dalam botol spray. Selanjutnya, semprotkan larutan tersebut pada dinding secara merata dan diamkan selama 5-10 menit.

Sikat

Bersihkan secara menyeluruh dengan bantuan sikat yang berbulu lembut. Bilas dengan air dan keringkan dengan baik untuk mencegah garis-garis air pada keramik. Jika air mengandung mineral, sisa mineral akan menempel di keramik dan akan terlihat seperti noda putih. Percikan backing soda untuk membantu menghilangkan mineral yang menempel pada dinding keramik. Setelah tercipta gelembung reaksi, tunggu hingga tidak terlihat gelembung.

Bilas

Langkah selanjutnya adalah membilasnya dengan air dan dikeringkan dengan spons atau handuk yang lembut.

Sabun

Metode lainnya bisa dilakukan adalah dengan menggunakan cairan sabun cuci piring. Caranya, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat, kemudian gosokkan larutan tersebut pada keramik dengan menggunakan spons atau kain. Setelah itu, bilas kembali dengan air dan keringkan. (Richardus Setia Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com