Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat...6 Cara Simpel Bikin Dapur "Mentereng"!

Kompas.com - 31/08/2012, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Dapur memang salah satu elemen utama dalam sebuah rumah. Di tempat ini, pemilik rumah bukan hanya menyiapkan makanan bagi keluarganya, melainkan perbincangan hangat atau kegiatan lainnya yang bisa mengakrabkan anggota keluarga.

Sayangnya, dapur tidak selalu menjadi perhatian utama sang empunya rumah. Jika tidak "disisipkan" di bagian rumah paling belakang, kemungkinan dapur dibuat dan di-furnish hanya sebagai keharusan tanpa cita rasa.

Untuk itu, jika saat ini Anda tengah mencari inspirasi membuat atau merenovasi dapur, berikut ini enam cara membuat dapur tampak menarik. Mungkin saja, dengan membuat dapur lebih "mentereng", anggota keluarga Anda akan semakin betah berbincang-bincang di tempat ini:

1. Blocking dua warna

Mengecat dapur mungkin menjadi jalan paling mudah dan termurah untuk mendandani dapur Anda. Cobalah menyandingkan dua warna kontras dari roda warna yang berseberangan atau berdampingan.

Misalnya, Anda menyandingkan warna coklat tua dengan kuning mencolok. Anda juga dapat memberikan aksen warna putih yang memisahkan kedua warna ini dan menyatu dengan langit-langit.

2. Satu warna mencolok

Jika memiliki satu warna yang sangat Anda sukai, pilihlah warna itu, kemudian catlah dapur Anda dengan warna mencolok tersebut. Namun, pastikan perabotan di dapur menunjang warna pilihan Anda ini. Jika perabotan di dapur didominasi oleh warna netral seperti putih, kayu, atau warna besi, Anda tentu dapat melakukan hal tersebut.

3. Lantai berpola

Selain tembok, lantai juga menyediakan kesempatan luas bagi Anda untuk berkreasi. Jika lantai dapur terbuat dari kayu, mengecat lantai dapur Anda dapat menjadi ide yang ramah kantong.

4. Langit-langit penuh warna

Setelah tembok dan lantai, kini lihatlah ke atas! Langit-langit di dapur Anda tidak harus selalu berwarna putih. Anda dapat memberikan aksen dan menutupnya dengan lembaran kayu.

Untuk bagian ini, Anda bisa memilih warna langit-langit yang cocok dengan perabotan atau dekorasi dapur. Dengan begini, dapur akan tampak "menyatu".

5. Lemari kabinet berbagai warna

Lemari kabinet adalah permukaan yang sempurna untuk dicat. Namun, jangan mewarnainya dengan hanya satu warna. Pilihlah dua warna saling melengkapi dan serasi. Lalu, warnai lemari kabinet dapur Anda persis dengan warna yang berbeda. Misalnya, sisi kiri Anda warnai dengan warna kuning gading, sementara sisi kanan diwarnai dengan biru muda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com