Rabu, 26 November 2014
MENATA RUANG
Mengakali Tembok Kosong Melompong
Penulis : Tabita Diela | Jumat, 31 Agustus 2012 | 11:06 WIB
|
Share:
Shutterstock
Sebetulnya, Anda dapat membuat sendiri aksen baru di tembok rumah. Mulai dengan bujet sangat rendah hingga anggaran cukup mahal, semuanya tergantung ide dan imajinasi Anda.

KOMPAS.com - Ketika membangun rumah, cara paling mudah melapisi sekaligus menghias tembok adalah dengan mengecatnya dengan berbagai warna pilihan. Namun, setelah beberapa waktu, kemungkinan besar Anda baru menyadari, bahwa tembok yang telah diwarnai sekalipun akan tampak flat dan kosong.

Tak jarang, orang seringkali telanjur membuat tembok yang rata tanpa tekstur. Lalu, bagaimana cara mengakalinya?

Sebetulnya, Anda dapat membuat sendiri aksen baru di tembok rumah. Mulai dengan bujet sangat rendah hingga anggaran cukup mahal, semuanya tergantung ide dan imajinasi Anda. Berikut ini beberapa ide yang mungkin dapat memberikan inspirasi bagi Anda:

Menambahkan tekstur

Cat ulang dinding dengan mengaplikasikan beberapa cara mengecat yang tidak biasa. Anda dapat menggunakan spons, sikat, kertas, atau bahkan tangan Anda sendiri. Pertama-tama, bersihkan tembok dari pasir dan kotoran. Kemudian, tutup dengan warna putih polos atau warna dasar yang Anda inginkan. Setelah itu, beri aksen dengan menggunakan spons, cipratan cat dari sikat, atau cap tangan Anda.

Tutup dengan wallpaper

Cara lain cukup mudah namun sedikit lebih mahal adalah menutup tembok dengan wallpaper. Anda dapat menutup seluruh tembok dengan wallpaper atau hanya sebagian menggunakan stiker dinding.

Berikan panel kayu

Panel kayu dapat memberikan kesan yang dramatis ke ruang Anda, terutama jika Anda memilih warna cokelat gelap dan tekstur serat cukup menonjol.

Tutup dengan rak buku

Rak buku yang memenuhi hampir seluruh dinding tidak membuat rumah Anda menjadi seperti perpustakaan dan tampak membosankan. Sebaliknya, rumah yang memiliki rak buku semacam ini justru akan tampak edgy, gaya, dan modern. Namun, agar ruang tidak terasa sempit, Anda sebaiknya memilih pelitur dari warna coklat muda, beige, atau putih.

Pajang foto atau lukisan

Anda dapat memajang foto atau lukisan berbingkai untuk mengakali tembok yang kosong. Atau, Anda juga dapat mencoba sebuah hal yang tidak dipilih oleh banyak orang. Besarkan foto atau lukisan kesukaan Anda sampai dapat menutupi seluruh tembok. Namun, tidak perlu menutupi seluruh ruangan. Satu bagian tembok saja sudah akan menarik banyak perhatian.

Nah, sekarang mulailah menyiapkan lem, cat, spons, atau apapun yang ingin Anda gunakan. Selamat berkreasi!

(Sumber: Ide-ide Segar Menata Rumah)


Editor :
Latief