Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Mitos Salah Dalam Merenovasi Rumah

Kompas.com - 30/08/2012, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda berkeinginan menjual rumah Anda, melakukan renovasi rumah sebelum dilihat langsung oleh calon pembeli sudah masuk dalam pertimbangan Anda. Siapa tahu, dengan melakukan renovasi, Anda bisa memberikan "nilai lebih" pada rumah Anda dan dapat menawarkannya dengan harga lebih tinggi.

Rencana untuk merenovasi rumah seolah-olah menjadi janji manis untuk mendapatkan rumah yang lebih cantik dan lebih nyaman. Sayangnya, renovasi rumah bukan sekadar touch up. Pikirkan baik-baik, karena salah-salah, Anda justru menjauhkan calon pembeli dari rumah Anda. Berikut beberapa mitos salah yang seringkali hadir dalam benak pemilik rumah:

Remodel macam apapun hasilnya akan bagus

Sayangnya, selera setiap orang akan berbeda. Misalnya, Anda mengira dengan menambahkan balkon, orang-orang yang melihat rumah Anda akan segera menyukainya. Padahal, kondisi rumah dan lingkungan rumah tidak mendukung adanya balkon tersebut.

Anda merasa dapat melakukannya sendiri

Nyatanya, tidak selalu begitu. Mungkin, Anda telah menimbang-nimbang kemungkinan untuk melakukan renovasi tanpa bantuan ahli atau kontraktor.

Sayangnya, Anda belum tentu bisa. Melakukan renovasi sendiri mungkin akan mengurangi biaya pada awal proses. Jika melakukan kesalahan, akan lebih banyak lagi biaya Anda keluarkan. Ada baiknya, Anda meminta bantuan profesional untuk proyek-proyek besar dalam merenovasi rumah Anda.

Kolam renang akan menguntungkan

Banyak orang berpendapat, bahwa memiliki kolam renang adalah "tiket" untuk menjual rumah dengan mudah. Sayangnya, ini tidak selalu terjadi.

Lokasi sangat menentukan pandangan ini. Jika setiap hari udara di sekitar rumah tersebut cukup panas, mungkin saja hal ini berlaku. Di tempat yang dingin, tentu berbeda lagi. Lagipula, memiliki kolam renang berarti rumah tersebut membutuhkan perawatan ekstra. Belum tentu calon pembeli Anda siap dengan konsekuensi tersebut.

Ikuti tren desain terbaru

Mencari inspirasi renovasi, tentunya Anda akan mencari tahu apa yang sedang digemari di antara masyarakat. Sayangnya, mengetahui apa yang sedang in belum tentu relevan dengan rumah Anda. Lebih baik Anda memilih hal-hal yang lebih abadi dan netral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com