Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI INVESTASISteven Eric Lazuardi
Sekilas tentang Steven The Steven Eric Lazuardi adalah konsultan Hokiplus. Lahir di Jambi, 2 Januari 1975, Steven mendalami ilmu china kuno dari nenek dan orangtuanya.Ia beberapa kali tampil di televisi swasta.

Pensiun Bukan Akhir Masa Berkarir Anda!

Kompas.com - 29/08/2012, 11:23 WIB

Tanya:

Bapak Erik yang baik, saya seorang PNS (pegawai negeri sipil) yang akan pensiun. Tanggal lahir saya 18 November 1956.

Saya mau tanya, setelah pensiun nanti, kira-kira pekerjaan apa yang cocok dengan saya, terutama agar saya tidak stres dan hidup tetap produktif. Perlu diketahui, istri saya juga pensiunan, dengan tiga anak perempuan. Anak pertama juga PNS, sedangkan anak nomor dua dan tiga masih sekolah. 

Terima kasih!

Bambang Harwanto/Yogyakarta

 

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaan Bapak Bambang. Pertama-tama, saya ingin mengucapkan Selamat Idul Fitir, Minal Aidin Wal Faidzin. Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Umur pun kian hari kian bertambah.

Bapak Bambang, bila kita menelusuri Daerah Istimewa Yogyakarta, maka banyak sekali yang bisa dikaji dalam dunia bisnis. Pensiun bukanlah akhir dari masa berkarir untuk diri Anda. Banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan di Kota Gudeg ini.

Saya mempunyai beberapa teman yang berkarir di dalam dunia properti dan mempunyai kehidupan yang cukup bagus. Nilai sejarah membuat Kota Yogyakarta menjadi terkenal di Indonesia dan mendatangkan banyak wisatawan. Hanya saja belakangan daerah tersebut terkena dampak gunung meletus, gempa bumi, bencana alam yang membuat duka tersendiri bagi kota tersebut. Hebatnya, masyarakat Yogyakarta sendiri cukup tegar menghadapi rintangan tersebut.

Salah satu bisnis yang diterapkan oleh teman saya itu adalah membangun rumah-rumah tipe 36m2 atau rumah dengan tipe sangat sederhana, lalu bekerjasama dengan perbankan agar bisa dijual melalui kredit KPR.

Demikian juga teman saya lainnya yang berbisnis indekos karena posisinya dekat dengan kampus. Bahkan, ada juga teman saya yang lain membuat warung makan di pinggir sawah dengan menjual ikan gurame bakar dengan suasana persawahan. Hanya dengan membangun saung-saung dari bambu untuk tiang penyangga dan atap alang-alang kering, warung tersebut ternyata laris. Namun, tentu saja, hal tersebut didukung dengan kualitas makanan yang lezat.

Bapak Bambang, melihat pengalaman teman saya di atas, bisa dikatakan bahwa bila kondisi sawah memungkinkan berkembang dengan membangun warung sangat sederhana, maka ini merupakan salah satu solusi terbaik bisa dilakoni. Hanya, dengan catatan, usaha makanan harus menjadi hobi dan dikuasai dengan baik sebelumnya. Apalagi, biasanya usaha makanan dapat dipelajari dari teman-teman Anda.

Analisa kelahiran

Bila dikaji dari kelahiran menurut ilmu hoki China Kuno, maka Anda termasuk shio Monyet dan elemen Api. Shio Monyet berjaya pada 2012 atau tahun Naga. Diharapkan dengan banyak berdoa kepada Tuhan, rezeki Anda senantiasa bisa bertambah dan dapat terus menyekolahkan kedua anak Anda. 

Elemen Api dapat bersinergi dengan elemen Kayu. Kayu menghidupkan api. Kayu dapat berbentuk mebel atau furnitur, seperti contoh banyak perajin mebel bambu atau kayu terkenal di Yogyakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com