Senin, 22 Desember 2014
KONSULTASI
Pensiun Bukan Akhir Masa Berkarir Anda!
Penulis : M Latief | Rabu, 29 Agustus 2012 | 11:23 WIB
|
Share:
HOKIPLUS
Berdasarkan grafik hitungan ilmu hoki, diketahui akan ada rezeki cukup lumayan di usia 60 tahun. Namun demikian, harus waspada di umur 66.

Tanya:

Bapak Erik yang baik, saya seorang PNS (pegawai negeri sipil) yang akan pensiun. Tanggal lahir saya 18 November 1956.

Saya mau tanya, setelah pensiun nanti, kira-kira pekerjaan apa yang cocok dengan saya, terutama agar saya tidak stres dan hidup tetap produktif. Perlu diketahui, istri saya juga pensiunan, dengan tiga anak perempuan. Anak pertama juga PNS, sedangkan anak nomor dua dan tiga masih sekolah. 

Terima kasih!

Bambang Harwanto/Yogyakarta

 

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaan Bapak Bambang. Pertama-tama, saya ingin mengucapkan Selamat Idul Fitir, Minal Aidin Wal Faidzin. Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Umur pun kian hari kian bertambah.

Bapak Bambang, bila kita menelusuri Daerah Istimewa Yogyakarta, maka banyak sekali yang bisa dikaji dalam dunia bisnis. Pensiun bukanlah akhir dari masa berkarir untuk diri Anda. Banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan di Kota Gudeg ini.

Saya mempunyai beberapa teman yang berkarir di dalam dunia properti dan mempunyai kehidupan yang cukup bagus. Nilai sejarah membuat Kota Yogyakarta menjadi terkenal di Indonesia dan mendatangkan banyak wisatawan. Hanya saja belakangan daerah tersebut terkena dampak gunung meletus, gempa bumi, bencana alam yang membuat duka tersendiri bagi kota tersebut. Hebatnya, masyarakat Yogyakarta sendiri cukup tegar menghadapi rintangan tersebut.

Salah satu bisnis yang diterapkan oleh teman saya itu adalah membangun rumah-rumah tipe 36m2 atau rumah dengan tipe sangat sederhana, lalu bekerjasama dengan perbankan agar bisa dijual melalui kredit KPR.

Demikian juga teman saya lainnya yang berbisnis indekos karena posisinya dekat dengan kampus. Bahkan, ada juga teman saya yang lain membuat warung makan di pinggir sawah dengan menjual ikan gurame bakar dengan suasana persawahan. Hanya dengan membangun saung-saung dari bambu untuk tiang penyangga dan atap alang-alang kering, warung tersebut ternyata laris. Namun, tentu saja, hal tersebut didukung dengan kualitas makanan yang lezat.

Bapak Bambang, melihat pengalaman teman saya di atas, bisa dikatakan bahwa bila kondisi sawah memungkinkan berkembang dengan membangun warung sangat sederhana, maka ini merupakan salah satu solusi terbaik bisa dilakoni. Hanya, dengan catatan, usaha makanan harus menjadi hobi dan dikuasai dengan baik sebelumnya. Apalagi, biasanya usaha makanan dapat dipelajari dari teman-teman Anda.

Analisa kelahiran

Bila dikaji dari kelahiran menurut ilmu hoki China Kuno, maka Anda termasuk shio Monyet dan elemen Api. Shio Monyet berjaya pada 2012 atau tahun Naga. Diharapkan dengan banyak berdoa kepada Tuhan, rezeki Anda senantiasa bisa bertambah dan dapat terus menyekolahkan kedua anak Anda. 

Elemen Api dapat bersinergi dengan elemen Kayu. Kayu menghidupkan api. Kayu dapat berbentuk mebel atau furnitur, seperti contoh banyak perajin mebel bambu atau kayu terkenal di Yogyakarta.

Makanan juga mengandung elemen Kayu dan Api. Maka, bila Anda membuka usaha warung atau restoran, saya menyarankan Anda sekaligus juga memajang perabot-perabot di sekitar bangunan usaha makanan Anda ini.

Bapak Bambang, perlu Bapak ketahui, bahwa arah terbaik dan kejayaan Anda adalah Timur. Juga, usahakan agar posisi laci uang menghadap ke Timur dan kalau memungkinkan warna-warna hijau dan merah menjadi warna yang akan membawa berkah untuk Anda.

Jalur bisnis

Bapak Bambang yang baik, bila dikaji berdasarkan ilmu Jawa Kuno, maka hari lahir Anda adalah Minggu Pahing, mangsa Kanem dan Wuku Galungan. Menurut pengertian tradisional, orang yang lahir pada Minggu Pahing diakui memiliki kemampuan mengagumkan di bidang apa saja,

Ya, mereka adalah pribadi-pribadi kuat yang mampu mempertahankan pendapatnya dalam keadaan sulit sekalipun. Tetapi, mereka juga berpikiran luas dan cenderung ditanggapi dengan baik dalam lingkungan sosial. Anehnya, kelompok ini dapat benar-benar ahli dalam menyembunyikan atau memendam perasaan yang tidak enak, seperti kemarahan, kesedihan, atau penyesalan.

Berdasarkan analisa kelahiran Anda, seharusnya Anda berada di jalur bisnis atau entrepreneur. Nah, semoga bisnis Anda selalu lancar dengan disertai kebulatan tekad dan impian Anda memajukan kehidupan keluarga Anda. Apalagi, berdasarkan grafik hitungan ilmu hoki, diketahui bahwa akan mendapat rezeki cukup lumayan di usia 60 tahun. Namun demikian, Anda harus waspada di umur 66.

Penataan tempat, lokasi usaha, manajemen bisnis dan promosi sangat berpengaruh dan satu sama lainnya saling berkaitan. Untuk itu, saya menyarankan Anda agar selalu melihat, bahwa hal-hal penting harus selalu seiring sejalan.

Bapak Bambang, bisnis selalu memerlukan waktu dan kesabaran untuk mencapai puncak kejayaan. Bila dikaji dari sektor properti, Kota Yogyakarta selalu menjadi kota yang harga tanahnya selalu bergerak dari tahun ke tahun. Untuk itu, pergunakanlah aset tanah sendiri bila memang memungkinkan. Niscaya, bisnis Anda akan berkembang terus seiring berjalannya waktu. 

Semoga bermanfaat untuk Anda dan salam! 

2011 Happy Cuan 888

*) The Steven Eric Lazuardi, konsultan Hokiplus


FORM KONSULTASI

 Tahun
Jenis Kelamin Pria Wanita

Incorrect please try again

ReLoad

Editor :
Latief