Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Penting Sebelum Merombak Model Dapur Anda

Kompas.com - 28/08/2012, 12:08 WIB

KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu jantung rumah Anda. Anda dapat menjadikan ruang ini sebagai pusat aktivitas keluarga, di samping tentunya tempat untuk menyiapkan makanan.

Untuk itu, merawat dan mempercantik dapur tentu menjadi investasi yang baik bagi rumah Anda. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum mengganti model dapur Anda:

Anggaran

Setiap keluarga memiliki anggaran berbeda. Ada cara untuk memperbaiki atau mengganti model dapur Anda tanpa harus menghabiskan banyak uang. Hanya dengan mengecat ulang dapur dan menaruh kitchen cabinet atau lemari dapur misalnya, Anda telah membuat dapur tampak seperti baru.

Tentunya, cara tersebut dapat dilakukan dengan harga relatif lebih murah ketimbang menganti seluruh dapur. Namun, jika ingin mengganti countertop di dapur, Anda harus berhadapan dengan harga yang begitu mahal sehingga lebih baik tidak mengganti countertop. Hias saja tembok di dapur dengan menggunakan ubin backsplash yang unik.

Kebutuhan

Ada baiknya Anda membuat daftar peralatan, perlengkapan, atau bagian di dapur yang membutuhkan perbaikan. Mulai dari daftar ini, Anda dapat mulai melakukan sesuatu.

Selain itu, perhatikan juga jumlah anggota keluarga Anda. Apakah dapur yang Anda miliki masih dapat menampung seluruh keluarga Anda? Jika tidak, berarti memang sudah waktunya untuk memperbaiki dapur Anda dan memperbanyak ruang bagi keluarga.

Keinginan

Selain daftar kebutuhan, Anda perlu juga membuat daftar keinginan. Daftar keinginan ini tidak sepenting yang Anda butuhkan. Keinginan Anda bukan prioritas terakhir. Namun, memang, prioritas keinginan Anda berada di bawah kebutuhan.

Untuk itulah, dalam memenuhi keinginan, sebaiknya juga lebih fleksibel. Misalnya, Anda menginginkan sebuah wastafel baru. Anda harus siap untuk membeli wastafel baru, namun tidak sesuai dengan keinginan awal Anda. Ini dapat terjadi, jika ternyata harga wastafel yang Anda inginkan tidak sesuai dengan anggaran yang disiapkan.

Penyimpanan dan keteraturan

Penyimpanan dan keteraturan adalah kunci dari dapur yang fungsional dan sedap dipandang. Jika menambahkan kitchen cabinet tidak dapat menjadi pilihan, Anda bisa menggunakan rak sebagai tempat penyimpanan. Rak dapat Anda buat sendiri dengan berbagai gaya, bentuk, dan ukuran, lebih murah, dan dapat disesuaikan dengan dapur Anda.

Tingkat kesulitan

Memperbaiki dan mengganti model dapur Anda bukan perkara mudah. Bagi orang yang belum berpengalaman, kesalahan demi kesalahan akan membuat anggaran Anda membengkak. Para kitchen remodeller dapat membantu Anda memberikan masukan untuk dapur Anda, termasuk bentuk-bentuk khusus yang dibutuhkan oleh dapur Anda.

Selain itu, mereka juga dapat memasangkannya untuk Anda. Namun, jika tidak berminat meminta bantuan mereka, tetaplah pada rencana awal Anda. Ingatlah, bahwa kesalahan yang Anda lakukan dalam proses ini akan menambahkan pengeluaran Anda.

(Sumber: www.decoist.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com