Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahh...Trans Corp Berambisi Bangun 100 Hotel!

Kompas.com - 12/08/2012, 13:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis hotel kian memikat banyak perusahaan, tak terkecuali perusahaan media seperti CT Corp. Perseroan melalui unit usahanya, PT Trans Property, ini mulai gencar menggarap hotel bertajuk Trans Luxury Hotel.

Keberadaan hotel juga ditujukan untuk mendukung bisnis lainnya, yaitu trans studio. Setelah membuka Luxury Hotel di Bandung, kini perusahaan itu pun berniat menambah hotel di Jakarta.

Sekedar catatan, Trans Luxury Hotel Bandung resmi beroperasi 30 Juni 2012. Hotel bintang lima yang terletak di komplek Trans Studio Bandung itu berdiri di lahan seluas 1,7 hektare. Hotel itu terdiri dari 18 lantai dan 282 kamar. Luxury Hotel berdampingan dengan Ibis Hotel di kompleks yang sama. Namun, berbeda dengan Ibis, pengelolaannya langsung di bawah pihak Trans.

General Manager Hotel dan Resort Trans Luxury Hotel Alexander Jovanovic mengungkapkan, konsep Trans Luxury Hotel di Jakarta tak jauh berbeda dengan Bandung. Hotel akan berada dalam kawasan terpadu, yang terdiri hotel, mal, dan trans studio. Rencananya, kawasan terpadu itu akan mulai dibangun tahun depan. Sayangnya, dia enggan merinci lokasi dan nilai investasi pendirian hotel.

Sebelumnya, dikabarkan CT Corp membidik lokasi di pinggiran Jakarta, seperti Bekasi untuk pengembangan kawasan terpadu tersebut. Sumber Kontan menyebut, luas lahan untuk pembangunan kawasan terpadu trans studio di Jakarta akan 10 kali lebih besar dibanding trans studio Bandung. Itu sebabnya, dia menyebut, luas Trans Luxury Hotel Jakarta mungkin saja lebih besar ketimbang hotel di Bandung.

Sebagai gambaran, untuk mendirikan hotel perdana Trans Luxury Hotel dan Ibis Hotel di Bandung, perusahaan merogoh kocek lebih dari Rp 1 triliun. Alex mengklaim, pihaknya akan terus menambah hotel.

"Target kami, dalam 10 tahun ke depan, punya 100 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia," katanya, Kamis (9/8/2012) lalu.

Resident Manager Trans Luxury Hotel Farid Patria menambahkan, nantinya, setelah berhasil menguasai pasar domestik, Luxury Hotel akan ekspansi ke luar negeri. Adapun, untuk Trans Luxury Hotel Bandung, hingga akhir tahun ini, diharapkan okupansinya bisa mencapai 75% dari total kamar yang ada.

Farid mengatakan, khusus untuk lebaran ini, pemesanan kamar hotel sudah mencapai 80%. Trans Corp pun sudah memasang strategi demi menggenjot pengunjung hotel. Salah satunya dengan menggaet maskapai penerbangan.

Baru-baru ini, perusahaan telah mengakuisisi 10% saham PT Garuda Indonesia. Tak hanya hotel, dalam waktu dekat, perseroan juga berencana membangun resort di Bali. Pendirian resort itu dengan pertimbangan banyaknya wisatawan di sana. Menurut Alex, saat ini, resort sedang dalam proses pengerjaan, dan ditargetkan mulai beroperasi pada 2014. (Tri Sulistiowati, Dupla Kartini)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com