Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Bus Siapkan Kendaraan Dua Kali Lebih Banyak

Kompas.com - 07/08/2012, 21:46 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan otobus (PO) yang ada terminal di Kampung Rambutan, Jakarta Timur, menyiapkan bus hingga dua kali lebih banyak dari kondisi normal, menjelang mudik Lebaran tahun ini. Diharapkan, semua pemudik terangkut dan tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal.

Penanggung Jawab Lapangan PO Sinar Jaya Hanafi, Selasa (7/8/2012) di Jakarta, mengatakan, pada hari biasa jumlah bus Sinar Jaya yang beroperasi di Kampung Rambutan sebanyak 25 kendaraan. Menghadapi musim mudik Lebaran kali ini, jumlahnya ditambah hingga 50 unit bus.

Hanafi menambahkan, pada hari biasa jumlah penumpang yang terangkut Sinar Jaya sekitar 700 orang sehari. Pada saat mudik, jumlahnya bisa meningkat menjadi 2.000 penumpang per hari.

Kondisi yang sama terjadi juga pada PO Budiman yang melayani rute ke Tasikmalaya dan Banjar, Jawa Barat. Pengurus PO Budiman di terminal Kampung Rambutan, Asep Kancil, menyampaikan, jumlah bus yang disiapkan untuk melayani pemudik tahun ini mencapai 50 bus.

"Bus jurusan Tasikmalaya sebanyak 35 unit dan bus ke Banjar 15 unit," ujarnya.

Dari terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, bus Sinar Jaya melayani rute ke kota-kota di Jawa Tengah seperti Tegal dan Purwokerto melalui jalur pantai utara. Sementara Budiman dari Kampung Rambutan melayani jurusan Tasikmalaya dan Banjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com