Minggu, 23 November 2014
RADIASI
Agar Rumah Tidak Panas
Selasa, 7 Agustus 2012 | 13:41 WIB
|
Share:
Shutterstock
Dalam teori warna disebutkan, bahwa warna terang akan memantulkan panas dan warna gelap akan menyerapnya. Ini juga berlaku pada bangunan.

KOMPAS.com - Prinsip mengatasi panas pada bangunan tropis adalah mengurangi intensitas radiasi matahari yang masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, desain untuk rumah tropis harus memperhatikan beberapa hal berkaitan dengan masalah iklim.

Berikut ini beberapa tips mengurangi panas dalam rumah yang mungkin bisa Anda terapkan:

Ventilasi atap

Bukaan ventilasi tidak hanya untuk badan rumah, tetapi juga ruang atap yang langsung menerima radiasi panas dari matahari. Bila suhu di atap telah didinginkan, panas yang diteruskan ke bawah akan berkurang.

Langit-langit tinggi

Jarak yang jauh antara lantai dan plafon dapat menurunkan suhu ruang karana adanya ruang kosong yang memungkinkan udara bergerak bebas. Panas dari atap bisa didinginkan dengan catatan, ventilasi ruang juga harus baik.

Orientasi bangunan terhadap matahari

Bangunan yang sering digunakan, seperti kamar tidur dan ruang keluarga, sebaiknya tidak diletakkan di daerah barat. Namun, bila tak memungkinkan, ruang yang terkena matahari sore dapat didinginkan suhunya dengan pengolahan khusus, misalnya dengan material tertentu.

Ventilasi silang

Udara dapat mengalir pada tempat yang berbeda tekanannya. Oleh karena itu, buatlah bukaan pada dua sisi bangunan yang saling berseberangan. Sebaliknya, agar alirannya dapat berputar ke seluruh ruangan, buatlah bukaan dengan ukuran berbeda dan tidak saling berhadapan.

Warna bangunan terang

Dalam teori warna disebutkan, bahwa warna terang akan memantulkan panas dan warna gelap akan menyerapnya. Ini juga berlaku pada bangunan. Oleh karena itu, pilih warna-warna cerah seperti putih atau peach untuk cat eksterior rumah Anda.

Halaman dengan tanaman

Untuk taman, ada baiknya Anda tidak membiarkan seluruhnya berupa perkerasan tanpa adanya kehadiran tanaman. Tanaman dapat menyerap panas dan warna hijaunya cukup menyejukkan. Minimal, jika lahan tidak memungkinkan, letakkan tanaman hijau dalam pot.

Taman di atas

Pada beberapa desain rumah, ada yang bagian atas rumahnya ditanami rumput atau dibuat kolam ikan. Keduanya dapat menurunkan suhu di bawahnya. Khusus untuk pembuatannya, perhatikan utilitasnya agar tidak ada masalah kebocoran, lembab, dan lain-lain.

Sumber :
Kompas Klasika

Editor :
Latief