Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yesss...Tetap Ceria di Ruang Tamu Mungil!

Kompas.com - 02/08/2012, 16:51 WIB

KOMPAS.com - Ruang tamu berukuran mungil semestinya tidak perlu membuat Anda gelisah saat menerima kunjungan kerabat dan handai taulan pada hari raya Idul Fitri nanti. Ada beberapa trik bisa Anda siapkan.

Agar tidak tergesa-gesa, ada baiknya persiapan menata ruang sudah Anda rancang dari sekarang. Simak beberapa trik berikut ini untuk diaplikasikan pada ruang tamu mungil Anda agar tampil lebih lapang.

Jangan gunakan sekat

Penggunaan sekat masif sebaiknya dihindari, sebab hal ini hanya akan mempersempit ruangan. Walaupun pemandangan di ruangan-ruangan lainnya jadi terlihat jelas, Anda harus membiarkan ruangan tak bersekat. Caranya, buatlah ruang tamu berbentuk memanjang, berurutan dengan ruang makan dan dapur.

Jalur lalu lalang

Pertimbangkan jalur lalu lalang untuk membuat ruangan jadi lebih lega. Salah satu caranya, Anda bisa memusatkan penempatan sofa dan furnitur hanya di satu bagian ruang. Menempatkan sofa di bagian kiri, misalnya, akan membentuk jalur sirkulasi lebih lega di sisi kanan ruangan.

Furnitur multifungsi

Ada baiknya Anda sudah menyiapkan furnitur multifungsi di ruang tamu mungil Anda ini, terutama yang berfungsi sebagai penyimpan (storage). Dengan demikian, Anda lebih bisa maksimal menyimpan barang-barang dan menciptakan ruangan lebih rapi dan bersih.

Pencahayaan

Upayakan ruang tamu lebih terang dari ruangan lain, karena ini akan memberi efek psikologis lapang pada ruangan. Sebaliknya, suasana gelap justeru memicu efek efek psikologis menekan dan sesak.

Cermin

Jangan lupa mengaplikasikan cermin di salah satu bagian permukaan dinding. Cermin akan memberi efek maksimal dengan memberi kesan lapang secara visual.

Warna cerah

Anda perlu memakai warna-warna cerah atau netral pada beberapa elemen pembatas ruangan, seperti lantai, dinding, atau plafon. Warna-warna ini akan menampilkan kesan ruang lebih lapang.

Memaksimalkan dapur

Tak cukup berkumpul di ruang tamu, Anda bisa memanfaatkan dapur. Anda bisa mengolah pantry sebagai tempat menjamu tamu-tamu Anda. Aktivitas menyenangkan bisa lebih cair di ruangan ini, mulai makan bersama sambil berbincang dan bersenda gurau.

(Seri Rumah Ide "101 Solusi Rumah Mungil"/Gramedia Pustaka Utama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com