Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mengenali Papan Gipsum Berkualitas!

Kompas.com - 02/08/2012, 13:21 WIB

KOMPAS.com - Berbagai merek gipsum saat ini membanjir di pasaran. Bagaimana caranya mengetahui gipsum yang punya kualitas baik? Tahu kriteria-kriterianya, terutama untuk Anda yang awam soal gipsum?

Berdasarkan survei pasar yang dilakukan oleh tim independen PT Petrojaya Boral Plasterboard yang kompeten, produk papan gipsum yang baik memiliki beberapa kriteria. Berikut beberapa di antaranya untuk Anda ketahui sebagai tips khusus:

Less sagging

Artinya, ketika papan gipsum dipasang sebagai plafon atau langit-langit, tingkat kelendutannya sangat kecil. Untuk standar Jayaboard adalah di bawah 2,5 mm dengan standar uji ASTM C473. Dengan tingkat kelendutan sangat kecil ini, maka plafon atau langit-langit akan mempunyai permukaan lebih rata (flat), atau dengan kata lain tidak bergelombang.

Kuat

Papan gipsum yang kuat adalah papan gipsum yang tidak mudah patah ketika proses pemindahan dari satu tempat ke tempat lain secara manual maupun ketika dipasang.

Ringan

Semakin ringan sebuah papan gipsum akan mempermudah dan mempercepat penanganan maupun pemasangan papan gipsum tersebut. Berdasarkan survei tim Jayaboard di lapangan, para tukang lebih senang jika bobotnya tidak lebih dari 17 kg per lembarnya.

Mulus

Permukaan gipsum mulus dan tanpa cacat produksi, sehingga ketika sudah dipasang akan menghasilkan plafon atau langit-langit dan dinding yang sempurna.

Kualitasnya konsisten

Perlu diketahui, papan gipsum Jayaboard tidak mengandung material berbahaya bagi kesehatan ataupun keamanan, sehingga aman dan nyaman untuk digunakan pada interior. Penggantian papan dapat dilakukan apabila dari kondisi fisiknya sudah rusak.

(Indra Budi Wibowo - Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com