Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau Kalah dari Malaysia, Pemerintah Incar Karawang

Kompas.com - 25/07/2012, 13:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak mau kalah cepat dengan Malaysia yang sudah menyediakan kawasan industri di Johor untuk menarik minat investor, Kementerian Perindustrian sedang mencari lahan industri bagi investor asing.

Menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat, pemerintah sebetulnya sudah menyiapkan areal untuk kawasan industri ini. Namun, lokasinya berada di luar Jawa, seperti Riau, Sumatera Utara dan Kalimantan Utara. Persoalannya, kawasan industri di wilayah tersebut belum matang, seperti belum ada sarana infrastruktur.

"Butuh waktu paling cepat satu tahun," katanya.

Sebetulnya, ada kawasan industri yang secara infrastruktur sudah memadai, yaitu Pulau Batam. Sayangnya, areal lahan di pulau yang berseberangan dengan Singapura ini sudah penuh. Akhirnya, pemerintah mengalihkan perhatian ke pulau Jawa lagi. Selain sarana jalan yang sudah memadai, pasokan listrik yang juga menjadi kebutuhan utama sebuah kawasan industri sudah tersedia di Jawa.

"Misalnya di Jawa Barat. Pasokan listrik tidak jadi soal di wilayah ini," katanya.

Untuk memfasilitasi investor dari Jepang di bidang elektronik, permesinan dan otomotif yang berminat berinvestasi, Kemenperin sedang mencari lahan antara 3.000 hektare - 5.000 hektare di Karawang. Hidayat menilai, Karawang adalah lokasi ideal. Selain infrastrukturnya sudah tersedia, juga ada rencana pembangunan pelabuhan Cilamaya di utara kawasan ini Karawang sehingga industri di kawasan tersebut tidak perlu lagi memakai pelabuhan Tanjung Priok.

"Ini harapannya," katanya.

Ketua Kehormatan Himpunan Kawasan Industri (HKI) Hendra Lesmana menyambut baik rencana pemerintah tersebut. Namun ia berharap supaya di setiap kawasan industri juga didirikan balai latihan kerja. Tujuannya untuk bisa menciptakan tenaga kerja yang siap pakai. (Tendi Mahadi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com