Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Perumnas: Apartemen Sederhana untuk Menengah Bawah!

Kompas.com - 24/07/2012, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto menegaskan, bahwa apartemen yang rencananya dibangun di dekat stasiun Lenteng Agung, Jakarta Selatan, tetap menyasar masyarakat kalangan menengah bawah. Hal tersebut untuk menepis anggapan kesan mewah sesuai namanya sebagai apartemen.

"Nama rusun atau apartemen itu seperti brand, tetapi kan tetap strata tittle rusun. Disebutnya apartemen sederhana dengan sasaran masyarakat menengah ke bawah," kata Himawan di Jakarta, Selasa (24/7/2012).

Ia mengatakan, harga apartemen yang dibangun atas kerjasama dengan PT KAI tersebut seharga Rp 200 sampai Rp 300 juta. Himawan sendiri mengaku belum mau membahas lebih jauh soal apartemen ini, mengingat rencana tersebut belum matang.

Seperti diberitakan, Senin (23/7/2012), Perumnas akan membangun apartemen di dekat stasiun Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Investasi pembangunan dua tower ini diperkirakan sebesar Rp 300 miliar. Nantinya, pembangunan apartemen ini memanfaatkan lahan seluas satu hektar milik PT Kereta Api Indonesia Persero.

Rencananya apartemen tersebut akan diperuntukkan bagi pekerja atau pegawai negeri sipil (PNS) yang sering menggunakan kereta api sebagai alat transportasinya. Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto mengungkapkan, saat ini para pekerja di Jakarta cenderung memiliki rumah di pinggiran Jakarta, bahkan di luar Jakarta.

Himawan berharap, pembangunan apartemen di dekat stasiun ini akan memudahkan para pekerja mencari moda transportasi.

"Nanti akan kita lihat apakah pool bis ini cocok untuk dibangun kawasan niaga atau apartemen," kata Himawan.

Terkait hal itu, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menyetujui rencana Perumnas membangun kawasan hunian yang berdekatan dengan stasiun kereta api, yaitu di stasiun Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Saya menganjurkan rumah itu bukan hanya untuk karyawan BUMN, tetapi untuk siapa saja," kata Dahlan Iskan di Jakarta, Selasa (24/7/2012).

Ia mengungkapkan, bila kawasan hunian terletak dekat stasiun akan semakin memudahkan mobilitas masyarakat pengguna kereta api. Namun, perumahan yang akan dibangun oleh Perumnas itu diharapkan tidak dikhususkan untuk pegawai BUMN semata, melainkan terbuka untuk masyarakat umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com