Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaman Berdua Tinggal di Apartemen Mungil

Kompas.com - 15/07/2012, 15:41 WIB

BROOKLYN, KOMPAS.com – Sementara banyak orang bermimpi memiliki rumah dengan banyak ruangan serta mengeluh karena kewalahan menata rumah, sepasang kekasih dari Brooklyn, New York mengaku merasa nyaman tinggal dalam sebuah apartemen mungil, yang luasnya hanya 22,3 meter persegi, lebih kecil dari garasi satu buah mobil.

Sepasang kekasih tersebut adalah Erin Boyle (28), seorang penulis dan fotografer, beserta tunangannya ahli biologi Casey James (30) tinggal di apartemen seluas 22,3 meter persegi di Brooklyn Heights. Kepada New York Post, keduanya menyebut unit apartemennya sebagai penjara bawah tanah.

“Apartemen terakhir kami ada di Providence, Rhode Island,” kata Boyle kepada Yahoo! Shine. “Mungkin luasnya sekitar 92 meter persegi, saya kurang yakin karena memang tidak pernah mengukurnya,” katanya.

Keduanya pindah ke Brooklyn pada Juni 2011, menempati sebuah ruang utama yang terdiri dari dapur, meja makan, dan ruang tamu dengan ukuran kira-kira 13 meter persegi saja.

Apartemen dengan harga sewa 1,500 dollar AS per bulan ini memiliki kamar mandi kecil di salah satu sisinya, lemari di lorong, dan tempat tidur di loteng yang dibangun di atas dapur. Sebuah lemari juga ditempatkan di bawah tangga karena tidak muat diletakkan di area tempat tidur dengan ranjang dobel serta meja rias tunggal.

“Saya tinggal di sebuah rumah di ladang pertanian di Connecticut dan James tinggal di Selatan,” kata Boyle. “Saya dan James selalu tinggal di apartemen, jadi tinggal di apartemen bukan sesuatu yang baru, tetapi tinggal di apartemen 22,3 meter adalah baru,” katanya.

Meski demikian, Boyle mengaku mereka berdua harus kreatif agar nyaman bergerak di dalam ruangan. Boyle mengatakan mereka harus pintar membuat tempat penyimpanan dan memilah barang-barang apa yang patut disimpan. “Aturan praktisnya adalah hanya menyimpan benda atau barang yang benar-benar Anda cintai,” katanya.

“James dan saya benar-benar berhati-hati sebelum membeli barang-barang baru. Kami berdua menyimpan uang untuk membeli produk khusus atau barang yang kami inginkan untuk selamanya. Kami berhati-hati dalam membeli furnitur, jikalau memang kami membeli barang baru maka yang baru akan dibuang bila barang tersebut lebih tepat. Jelas lebih penting bagi kami untuk memiliki ruang layak tinggal daripada dikelilingi oleh banyak barang tak penting,” ujarnya.

Hasilnya, apartemen milik keduanya ini menjadi sebuat tempat kecil bersih, cerah, nyaman, serta lapang untuk area ruang tamu. “Pernah suatu sore, kami kedatangan sepupu dari luar kota. Kami berdelapan di dalam ruangan, tapi itu tetap nyaman,” cerita Boyle.

Meski ukuran apartemen kecil, namun pemilik apartemen menawarkan fasilitas yang menarik. “Saya menyukai saat sore hari ketika matahari menyinari ruangan. Dan, kami benar-benar mencintai lingkungan dan para tetangga. Berjalan di taman jembatan Brooklyn menjadi kebiasaan malam kami, rasanya sulit meninggalkan ritual ini,” ujarnya.

Dalam blognya, Reading My Tea Leaves, Boyle mencatat beberapa tips tinggal nyaman di apartemen mungil. Berikut ini cara Boyle membuat ruangan apartemennya lebih nyaman ditempati

Sembunyikan hal yang berantakan

Boyle mengatakan dalam ruang serba terbatas, jangan sampai Anda menunjukkan hal yang berantakan. Ia membuat peti-peti anggur di bawah sofa sebagai tempat penyimpanan. Di dalam peti ini disimpan beragam benda dan barang, tamu pun tak akan melihat ada kertas dan barang-barang di dalamnya.

Sentuhan kecil

Langkah hijau sederhana bisa membuat rumah jadi lebih terasa segar dan hidup. Boyle mencontohkan dengan menempatkan tanaman kecil dalam pot di dalam rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com