Sabtu, 25 Oktober 2014
KERAMIK
Mari, Berburu Keramik Murah di Pasar Rumput!
Penulis : Natalia Ririh | Jumat, 13 Juli 2012 | 15:19 WIB
|
Share:
Shutterstock
Keramik KW 2 dan KW 3 memang lebih murah, tapi urusan kualitas jelas jauh berbeda dengan KW 1.

KOMPAS.com - Berburu keramik bisa di mana saja, mulai toko bangunan yang biasa menjual keramik atau langsung ke sentra keramiknya. Satu sentra keramik dengan koleksi lengkap ada di kawasan Pasar Rumput dan Pasar Raya Manggarai, Jakarta Selatan.

Di tempat ini, Anda akan mendapati koleksi keramik lumayan komplet dengan menyusuri toko-toko di sepanjang jalan Minangkabau Barat. Kawasan ini memang terkenal sebagai sentra keramik lebih dari 20 tahun.

Dulu, memang hanya ada satu hingga dua kios saja. Tetapi, saat ini belasan kios menyebar di sepanjang jalan Minangkabau.

Letaknya juga tidak bersisian, karena berselang-seling dengan kios yang menjual saniter bekas. Serunya lagi, harga keramik sangat terjangkau di sini, bahkan Anda bisa melakukan penawaran.

Di deretan toko-toko ini, Anda akan menemukan berbagai macam tipe dan kualitas keramik, dari keramik KW 1, KW 2 sampai KW 3. Para penjual mendapatkan keramik KW 2 dan 3 dari pabrik yang gagal uji kualitas.

Tentunya, keramik jenis ini dijual dengan harga lebih miring. Harga keramik KW lebih murah, biasanya terpaut Rp 5.000 per dus. Keramik KW 2 dan KW 3 memang lebih murah, tapi urusan kualitas jelas jauh berbeda dengan KW 1.

Potongan keramik KW 2 dan KW 3 terkadang tidak presisi, ketahanan terhadap noda dan goresan lebih rendah. Ada pula yang gompel pada bagian sudut keramik.

Bagi pembeli awam, ketidaksempurnaan ini kadang sulit dikenali, karena standar masing-masing pabrik berbeda. Biasanya, pabrik memberi warna berbeda pula untuk membedakan tingkat kualitas keramik. Karena itu, Anda harus lebih jeli saat memilik keramik serta tetap memperhatikan kelemahan jenis KW 2 dan KW 3.

Saat bertransaksi, jangan ragu untuk. membandingkan harga keramik antartoko. Selain itu, Anda tentunya dapat melakukan tawar menawar, sampai akhirnya mendapat harga yang pantas.

Selamat berburu keramik!


Editor :
Latief