Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Tingkatkan Pelayanan "Call Center"

Kompas.com - 21/06/2012, 19:04 WIB
Agnes Rita Sulistyawaty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- PT KAI mengembangkan layanan pemesanan tiket kereta api lewat pusat telepon (call center) di nomor 121. Pengembangan ini masih terus dilakukan hingga bisa menampung 100 persen kebutuhan konsumen.

Vice President Hospitality PT KAI Agus Nugroho mengatakan, layanan 121 ini terus dikembangkan karena permintaan konsumen juga terus meningkat. "Kami akan menambah luas kantor, sehingga operator yang bertugas bisa bertambah banyak," ujar Agus, usai diskusi tentang Peningkatan Pelayanan Kereta Api, Kamis (21/6/2012) di Jakarta.

Saat ini, ada 30 operator yang berdinas sekali waktu giliran kerja. Dalam sehari, nomor 121 menerima antara 15.000 hingga 30.000 panggilan telepon. Meskipun begitu, baru 60 persen panggilan yang bisa direspon, terutama saat waktu sibuk menjelang musim puncak perjalanan kereta api, seperti halnya pemesanan tiket kereta Lebaran.

Nomor 121 bisa diakses lewat telepon rumah, sedangkan akses dengan telepon genggam bisa dilakukan lewat 021-121.

Pembayaran dilakukan lewat ATM. Saat ini ada 12 bank yang bekerja sama dengan PT KAI untuk pembayaran tiket kereta. Struk ATM ditukar dengan tiket di stasiun pada saat pemberangkatan. Layanan ini bisa dilakukan penumpang maksimal enam jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Pembelian tiket dengan nomor 121 ini membutuhkan biaya pemesanan Rp 7.500.

Komplain atas pelayanan kereta juga bisa disampaikan lewat nomor tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com